Tuesday, August 7, 2007

Kos-Kosan

Buatku kata "Kos-Kosan", bukan hal yang asing lagi. Gimana gak akrab, sejak periode tahun 1994 - 2002 selalu menyandang predikat menjadi anak kos. Awalnya ngekos merupakan suatu keterpaksaan, karena harus merantau-jauh dari kampung halaman untuk melanjutkan sekolah di kota hujan ini - seminggu pertama tiap pagi jemur bantal, basah, kebanyakan nangis....home sick- of course. Tahun pertama tiap 3 bulan sekali pulang kampung, tahun-tahun berikutnya sudah males pulang. Keenakan jadi anak kos - bebas....lepas...he.he..he..

Sebagai tipe pembosan, menjadi hal yang lumrah tiap tahun angkut -angkut barang kayak pengungsi - pindah kos dong.....Paling lama kos disatu tempat 2 tahun, tidak pernah lebih dari itu. Menjadi kesenangan tersendiri nyari kos-kosan kesana kemari.

Kini aku aktif cari kos-kosan lagi, buat adek yang mau pindah ke Bogor. Excited??? Tentu saja..sekalian pengen napak tilas en bernostalgia dengan masa muda ..(sekarang kan STW- setengah tuwa). Yah....kali-kali aja ada bekas ibu kos yang masih mengenali bekas anak kosnya yang dulu langsing, padat berisi berubah menjadi Ibu -ibu yang gendut.

Di Suatu Akhir Pekan

Hari minggu pagi, pasukan pencari kos sudah siap bertempur (Aku, Alya en si Mira -mbaknya Alya). Setelah merayu papanya Alya, supaya minjemin kendaraannya, kumulai hunting kos. Aku bertugas jadi supir, si Mira lah yang bertugas keluar masuk tempat kos. Si Mira pun sudah di brief..Kuajarin apa aja yang mesti dia tanyain dan sekaligus mencatat alamat en no. telp. kos tsb di buku . Beberapa tempat kos sudah dimasuki oleh Mira ...Hasilnya..Nihil, tak satupun tempat kos kosong dan buku yang ditenteng-tenteng Mira pun masih bersih.

" Lho MIr..kamu gak nanya no. telpnya??"
" Pada gak mau ngasih no. telp. bu??"
" Ah masak sih...??...pelit banget gak mau ngasih no. telp ."
Apa tampang si Mira gak dipercaya ya??? dipikirnya mau minta sumbangan kali..he..he..he..nasib-nasib.

Akhir Pekan Selanjutnya

Rencananya hari itu melanjutkan nyari tempat kos tetapi didaerah yang berbeda dengan minggu lalu. Aku bertekad, kayaknya mesti aku sendiri yang keluar masuk tempat kos . Hari itu kurayu bapaknya Alya, untung beliau berbelas kasihan dg istrinya yg lg bunting ini. Hmm...ternyata tak banyak yang berubah dengan tempat-tempat kos disini. Suasananya masih hampir sama seperti belasan tahun yang lalu, hanya para penghuninya yang sudah banyak berubah.

Satu per satu kudatangi rumah kos tersebut, ternyata bukan hal yang mudah hunting kos-kosan dengan kondisi perut membuncit dan tangan kanan menggandeng seorang anak balita.

"Maaf bu, kita nerimanya hanya mahasiswa saja"

"Disini tidak menerima yang berkeluarga bu" sambil memandangi ku, perut buncitku dan Alya silih berganti

"Maaf penuh bu,....gak ada yang kosong"

Masih beruntung kadang ada yang bertanya terlebih dulu, "Buat siapa bu?"

Papa Alya sampai tertawa terbahak-bahak sewaktu mendengar ceritaku dicurigai oleh penjaga/pemilik kos. Akhirnya hari itupun kami lalui tanpa membuahkan hasil yang memuaskan - kebanyakan tempat kos sudah terisi, ah jaman sudah berubah, perasaan dulu mencari kos tidak lah sesulit ini.

Satu-satunya yang menjadi hiburan hanyalah siang itu kita menyempatkan diri duduk di bangku kayu sambil minum teh botol dingin dan makan kacang goreng diwarung dibawah pohon rindang disebrang kos-kosanku jaman dulu.

"Kita dulu sering duduk-duduk disini ya pap....Hm..jadi inget jaman dulu, eh sudah berapa tahun yang lalu ya pap?"

"Hampir 10 tahun yang lalu aku sering duduk disini paling sebentar satu jam - nungguin pacar. Pacarku dulu kalo janjian kan suka ngaret, sampe pegel nungguinnya"

Hmmm....Siang itu semilir angin menyapu wajah kami - mengusir teriknya siang itu, kusandarkan kepalaku di bahunya , dia pun mempererat genggaman tangannya sambil bergumam, " Sekarang kita duduk disini tidak berdua lagi ya Mam ". Tatapan kami pun beralih memandangi putri semata wayang kami yang sedang asik mengunyah kacang goreng dan sebentar-bentar menyeruput teh botol dinginnya. Sesekali berceloteh dengan suara riangnya

"Enak banget niy kacangnya ....aku mau lagi dong mam".

28 comments:

promoteyourblogforfree said...

nice blog

salma said...

Wah bun aku juga jadi inget jaman ngekost di Jogja, pindahannya asik banget... barangnya dikit yg nganter heboh hihihi.

Suitt suitt... jadi bernostalgia ya bun, wah bisa² 15 th lagi juga bakal cari kost²an nih buat Alya atau malah udah punya rumah kost²an sendiri, jadi pengalaman gimana menghadapi org yg mau kost hehehe.

Vina Revi said...

hiks, enaknya yang pernah ngerasain jadi anak kost! secara, dari SD sampe akhirnya kuliah, aku teteuup tinggal ama ortu.

makanya girang banget waktu diajak suami untuk tinggal di Boston after merit. hueee, bebas! ya iya laaaaah ... wong udah merit gitu, loh!

Gege said...

mbak..nyarinya di daerah Malabar yah? hehehe..atau di Darmaga?

Sama tuh..aku juga kalo janjian sama MA di kampus, MA molor minimal 1 jam..maksimalnya? wuiiihhh...dah pengen ngomong pake microphone rasanya hihihi

nila_aura said...

Heheheh jadi mengingatkan kos2an dulu apa kabar ya?....

mama valisha said...

wah udah lama banget ya... gak berasa.. sama kok aku juga 10 tahunan yg lalu... weits dah tua ya hehe
jaman kos2an emang seru.. padahal gak ngekos sih kan deket tapi ikut mejeng di tempat kos temen haha

Nia said...

mantan anak kos ya mbak. asik ya klo ngekos bs bebas...

rien said...

mungkin nih ya Luk, orang pada heran, "ni orang ngalamin penderitaan pedih banget yak, udah hamil tua, bawa anak, nyari kos-kosan sendiri lagi", xixixixixi...masih mendinglah gitu, siapa tau ada yg empatinya bilang, "Aduh mbak, kasian amat, ayuk deh curhat sama aku ajah"...kekekeke

mumpung sdikit longgar ni ukh, saya bisa BW, kangen :)

angin-berbisik said...

sebentar lagi nih mbak, saya jadi anak kost...hehehe....duh cerita di bawah pohonnya romantis bangetz.....jadi pengen hehehe...

LUKY said...

@Salma :Hi.hi..hi, iya kalo diinget-inget seru bgt tuh sewaktu kos. Kayaknya 14 th lagi aku kos lagi mbak, nemenin Alya.

@Vina Revi : Vin...cobain deh kos sebulan aja...enak tau. Hi.hi.hi.

@Gege : Itu mengambil setting di Malabar (Minggu I) dan KPP Baranangsiang (Minggu II), kalo ini yg ngaret daku ge...he...he...he...

@Nila : Ayo nil...napak tilas lagi

@Arum : Hayo ketauan suka ngeceng ..he..he.he

@Nia : iya nia...nasib anak kos

@Rien : Iya jangn-jangan mrk mikir aku baru diusir dr rumah lagi..duh kasian banget. Iya ni Ukh...saya jg sudah kange pgn ngobrol, kapan yah??

@Tia : Hi..hi..hi...seru lho non Kost itu

yanti said...

hmmm... aku ga pernah ngerasain ngekos sih. dulu pas kuliah tinggalnya di student dormitory, jadi ga ada induk semangnya. enak sih, bebas.. tapi kadang makan ati sendiri saking yang lain ga tau aturan :D

Ina said...

ceile....nostalgia sekalee.!
hidup anak kost...eh jadi keinget lagnua p-project yang nasib anak kost itu deh..:))

SyL said...

salam kenal dari bogor di hanoi

syl said...

salam kenal dari orang bogor juga di hanoi

Wati said...

jadi inget waktu sekolah dulu.. bgitu masuk sma disuruh kost karena rumah nun jauh dr kota.. tiap malem nangis2 trs jg hehehe.. maklum baru pertama kali jauh dr ortu..

alhamdulillah selama ini aku klo cari kost selalu dpt yg asyik2 trs.. jadi betah deh.. sma selama 3 tahun kost di t4 yg sama.. smp akrab bgt sm temen2 kostan.. kuliah jg 3 tahun di jogja gak pindah2 kost hehehe... skrg jg ngontrak gak pindah2.. paling males deh klo hrs pindah2 :D

Wati said...

jadi inget waktu sekolah dulu.. bgitu masuk sma disuruh kost karena rumah nun jauh dr kota.. tiap malem nangis2 trs jg hehehe.. maklum baru pertama kali jauh dr ortu..

alhamdulillah selama ini aku klo cari kost selalu dpt yg asyik2 trs.. jadi betah deh.. sma selama 3 tahun kost di t4 yg sama.. smp akrab bgt sm temen2 kostan.. kuliah jg 3 tahun di jogja gak pindah2 kost hehehe... skrg jg ngontrak gak pindah2.. paling males deh klo hrs pindah2 :D

lita uditomo said...

hihi...malah jadi bernostalgia deh...:D

aq juga ngga pernah ngekos..kesian ya gw..sekalinya keluar dr rumah ya ngikut swami..

Wiet said...

Aq gak pernah ngerasain jadi anak kost, walaupun dulu kuliahnya mesti 3x ganti bus (jadi 6x naik bus pulang pergi).. jadi gk tau rasanya jadi anak kost hehehe...

Pa kabarnya Jeng?

Shella Mawardi said...

gak pernah kost karna hingga detik ini masih betah jadi anak rumahan.hihihi pengen juga ngrasain jadi anak kost. bs dijamin kurus gak yaa??

Bunda Key said...

eaaallahhh asik banget nostalgia nya .... :) duhh jadi inget juga nih bentar lagi aku mau eniperseri sama cinta ku :)

salam alya ya luki, and hepi wiken !

farrel's mom said...

hehe..lucu critanya, Alya doyan kacang yah?! aku jg dulu wkt kuliah ngekos say tp bentar cuma 3 taon doank... dilanjut lg sblm merit ngekos 8 bulan. =))

nurani said...

sebagai aku anak kos sejak SMA, welcome to the club bu :)

neli said...

hihihihihi... buat pelajaran mba, kalo nyari kos-an jangan pas lagi hamil :P

najwa said...

Asik yah nostagianya...udah gak berdua yah???

Kalow kos asik yah....bisa bebas, walow aku gak pernah kos sih?;)

Ninie said...

Jadi inget waktu ngekos, kemana2 klo jalan sll bnyk temen dan duit jatah belum ada sebulan wes entek hehehehe.


btw, klo soal nunggu paling sebel dan yg sering nunggu mantan pacarku ini klo daku nunggu lama aku wes moncros22...hehehehe

Luky said...

@Yanti : Iya di kos kosan emang kadang jg gak ada aturan yg jelas Yan..

@Teh Ina : ha.ha..ha. iya bener tepat banget..nasib anak kos

@Mbak Syl : Tks mbak syl udah mampir....bogorna ti mana?

@Mbak Wiet : Kabar baik mbak Wiet..tks

@Shella : Sesuai penglamanku kalo kos tambah gemuk shel..hehe.he.

@Bunda Key : cie..yang mau happy anniversary....

@Mama Farrel: Wah..3 tahun mah lumayan lama lah mom...ud ngerasain asam garam ngekos

@Mbak Rani : Wuih..hebat euy..sejak SMA, kurasa nangis nangisnya 3 bulan ya mbak Ran..heheh..e

@Neli : Ha..ha.ha.. bener banget nel..kalo nyari kos jgn pas hamil..nanti dikira diusir dr rumah suami..hiks

@Bunda Najwa : He.he.he..Iya nih udah gak berdua lagi....

@NInie : Itulah balada anak kos yg paling seru

@Ninie :

Shazma said...

suiitt...suiittt....mam adeknya kost dibandung aja eyangnya Shazma punya kamar kost tuh hehe..., sayangnya aku blm ngerasain nge-kost padahal pengen bangedd

Me said...

Hi..hi..ending ceritanya kok jadi romantis gini ya...jadi terharu..