Monday, November 17, 2008

Hasil Karya Alya

" Ada Seekor ayam di kebun Pak tani. Ayam itu lucu sekali terus diusir Pak Tani. Kasihan sekali. Alya ngasih makan ayamnya ternyata lapar sekali. Pak Tani melihatnya menjadi sayang. Selesai."


Ini menjadi tulisan pertama Alya yg dipublikasikan (blog jg salah satu bentuk publikasi bukan?) diposting oleh mama. Kelak (belum saat ini ...entah kapan tepatnya...) Alya akan diberi porsi untuk menuangkan idenya dlm bentuk tulisan or gambar dan memposting sendiri di diary On line nya ini. Tapi porsinya masih akan sangat dibatasin ya Al ya...


Sebetulnya ini adalah PR yang diberikan gurunya untuk membuat suatu cerita. Bu guru menuliskan satu kalimat " Di kebun Pak Tani ada seekor ayam........................." dan anak-anak diminta untuk melanjutkannya. Dan penggalan cerita diatas adalah murni hasil karya Alya tanpa campur tangan siapapun (tentunya sudah saya edit karena alya menulis tanpa titik koma yang jelas). Karena Alya sudah terbiasa bertanggungjawab mengerjakan PR nya sendiri - dan tidak ada yang membantunya sama sekali. Untuk menyelesaikan tugas menulis ini Alya sangat spontan (tanpa berfikir panjang) menghabiskan waktu tidak sampai 5 menit.
Tentunya sebagai ibunya saya sangat bangga sekali, mengingat saya dulu meskipun sudah bisa baca tulisan dari umur 4 tahun (lebih cepat dibanding Alya), tapi saya tidak bisa menulis cerita seperti Alya. Yah...karena saya bisa membaca krn takut dg ortu, sedangkan Alya memang karena sudah waktunya bisa. Ibaratnya buah kalau saya matang karbitan, kalau Alya matang di pohon.. Tentunya jauh lebih manis buah matang dipohon ya Al...


Dan saya mesti mengalah dan tidak akan menggunakan blog bintangkecilalya lagi untuk menulis tulisan yang tidak berkaitan dengan Alya, apalagi untuk sekedar menumpahkan uneg-uneg, saya ya sudah mempunyai blog sendiri.

Mengapa saya mulai posting tulisan Alya ini..karena saya lihat alya punya kemampuan lebih untuk menuangkan imaginasinya ketempat yang tidak semestinya. Awalnya tembok ruang tamu saya yg selalu jadi korban tangan iseng alya, setelah habis pindah ke dapur, kemudian pindah ke kamar tidur dan sekarang sejak Alya mulai punya kamar sendiri, coretannya pun tidak tanggung tanggung - ada di spreinya. Jadi sprei bergambar binatang itu sekarang bercorak seperti batik.

Alya punya hobi membaca sekaligus juga berkhayal - juga mencoret coret dan menulis apa saja dan dimana saja dan kapan saja. Seperti yang sudah pernah saya posting - sejak lancar membaca dan menulis Alya suka banget menulis surat - banyak teman, sodara yang sudah mendapat surat cinta dari Alya.

Bahkan yang kadang bikin saya senewen, buku Pe Er nya pun tidak lepas dari tangan kreatif Alya. Selesai membuat PR, ditambah bonus sama Alya- diberi gambar segala macam. Kalo sudah begini biasanya saya ngomel.Jangan berfikiran saya pelit dg media nya...buku tulis, buku gambar, bahkan kertas bekas dari kantor saya sudah saya bawa pulang...rupanya Alya tidak puas dengan buku-buku itu, Alya lebih menyukai media yang unik, seperti tembok , sprei meja, kursi bahkan kadang tangan dan kakinya.

"Perasaan/uneg-uneg/ pengalaman sehari -hari " sudah mulai dituangkan Alya dalam bentuk tulisan. Sayang semuanya baru ada ditembok rumah saya.
Tulisan yang sudah menjadi prasasti ditembok rumah saya antara lain,
Ada gambar karakter seperti pokemon dan ada sepenggal percakapan seperti berikut
" Eh umi tadi jahat banget ya, masak dia begitu sih?"
" Memang- umi memang jahat kok."
" He-eh, kok bisa gitu ya si umi ya"
(Red. umi adalah bibi yang didekat rumah yang membantu kami untuk mencuci dan menggosok baju-baju kami )

Lain kali di tembok teras ada tulisan seperti ini
" Tadi om Davit sama tante hesti lewat depan rumahku , trus aku dipanggil deh sama om, aku seneng deh"

Banyak lagi prasasti yg tertempel di seluruh tembok rumah saya. Itulah sebabnya mengapa saya bertekad lebih serius memperkenalkan Alya didunia tulis menulis. Supaya Alya punya ruang lebih menyalurkan energinya ini.

Satu lagi - Alya juga hobi memotret obyek...kalo ini banyak sudah hasil karyanya - insyaallah akan saya posting juga.
Biodata Alya
Nama Lengkap : Alya Yasminanisa (5,5 th)
TTL : Bogor/ 29 Maret 2003
Sekolah : TK Al Azhar 27 Cibinong
Kelas : TK B - 2

13 comments:

mama arya said...

Duh prasastinya banyak sekali yak ...tapi utk tulisan dah lumayan bagus tuh mam ...


beda ma arya suka gambar end mewarnai doang, utk tulisan huruf masih kaku, mpe mama ngomel2 mulu hihihiii.....klo tulisan prasasti doi lebih suka ke tembok dan badan doang ...krayonnya di gosok2 mpe kecil bngt ...hancur dah

ke2nai said...

setuju deh. Memang sebaiknya anak jgn di paksa hrs begini hrs begitu. Kl gak di paksa justru biasanya anak jd berkembang.
Untuk anak umur kurang dr 6 tahun tulisannya Alya udah rapi ya. Bahkan hebatnya dia udah bisa bercerita.

angin-berbisik said...

wow, tulisan Alya lebih bagus drpd tulisanku, wakakakak....

mbak pa kabar?????

BuNd4 N4jW4 said...

KK alya hebat dan pinter udah bisa bercerita dengan rapi. Besok kelak udah jadi penulis ya ka.....Ayok mba kembangkan muahhhhhhhhh wat kk alya :)

silvi said...

baca postingan ini...bener-bener dibikin kagum ma alya...itu tulisan tangannya meni bagus ya mbak...

brarti nanti-nanti alya doong yg akan ngisi blog ini... :)

silvi said...

baca postingan ini...bener-bener dibikin kagum ma alya...itu tulisan tangannya meni bagus ya mbak...

brarti nanti-nanti alya doong yg akan ngisi blog ini... :)

Luky Ekowati said...

@mama Arya : tulisannya not so bad ya..

@bunda Ke2Nai : tul bun..setuju banget..dikasih ruang yg banyak aja supaya mengembangkan talentnya

@Tia : Ah mosok sih tia...kalah dong ama anak Tk...kekkekeke
Tia..miss u somuch..

@Nisa - Bunda Najwa : hehehe insyaallah doain ya tante nisa..ntar dibagi deh novel gratisan karya alya ya.hhehhehe

@Silvi : lumayan non tulisannya , kadang bagus kadang enggak.
Heehehehe nanti kedepannya ..sekarang sih lom...ntar gak mau nulis tangan lagi kl dia bisa ngetik pake keyboard

Anggorowati said...

alya udah pinter bercerita yah? hebat... utk anka seumuran alya tulisannya termasuk bagus bgt...

dr portingan mba ini aku jd bs ambil pelajaran nih.. krn kadang aku jg suka agak maksa raihan utk mulai belajar membaca hehehe.. abis kadang pgn jg ngelihat anaknya org lain seumuran raihan kok ada yg dah pinter baca tulis...:D ternyata itu semua mlh kurang bagus yah mbak..?

Luky Ekowati said...

@Wati-Umi Raihan : Iya non...gak usah dipaksa paksa...Just share ya -kan sy juga masih belajar juga niy...

Mengenalkan or menstimulasi sah sah saja, tp jangan terlalu dipush non - anak kita jadi gak happy dan malah terhambat kreatifitasnya. Lagian kemampuan membaca itu pasti dimiliki oleh setiap anak pada umur tertentu , kecuali disleksia ya. Jadi no worry ya non

Beda banget hasilnya seandainya memang dia menyukai bidang itu.
Kan ada multiple intelegence non....insyaallah setiap anak mempunyai kepandaian dibidangnya masing-masing. Mari kita lebih jeli melihat strength anak kita ada dimana.

Luh Ayu said...

salam kenal mbak..:) putrinya cantik2 dan pintar ya. Alya fotogenic banget.

bundanya i-an said...

anak yang hebad... plok plok plok...

superior said...

After reading the information, I may have different views, but I do think this is good BLOG!
runescape powerleveling

SUPLEMEN UNTUK PENGOBATAN MATA MINUS said...

nice post