Thursday, November 6, 2008

Berkah dari HMFD

Hari minggu - 2 minggu lalu, siang harinya saya mengajak alya & asha jalan - jalan ke Lido - Sukabumi. Alya excited - sedang Asha belum terlalu paham. Sepulang dari Lido, jam 4 sore mampir dulu di Botani Square beli tiket nonton "Laskar Pelangi" - takut keburu abis masa tayang di bioskopnya.
Gejalanya sudah terlihat sewaktu Alya nonton "Laskar Pelangi" - tidak seperti biasanya yg gak bisa diam dan biasanya tertawanya kenceng banget, kali ini Alya agak banyak diam (ciri Alya sedang gak enak badan) dan gak mau maem popcorn kesukaannya kl lg nonton. Sampe rumah Alya udah tertidur- badannya agak anget. Malemnya lebih panas lagi - sementara obat penurun panasnya kebetulan Alya Panas 2 bulan lalu. Jadi malam itu cukup dikompres air hangat dan banyak minum.
Senin pagi, suhu Alya masih demam tp sudah terlihat ceria. Saya tetap masuk kantor dan minta tolong asisten beli syrup penurun panas di apotik dekat rumah. Siang dicek - Alya sudah tidak panas - jadi Tempranya disimpan saja. Sore sepulang kantor badan Alya sudah dingin sama sekali dan sudah segar. Tiba - tiba Alya nyeletuk - " Mam..tanganku bentol ni.. sambil nunjukin ada bentol di jari tangan, warnanya merah banget". Sewaktu ruamnya saya sentuh - terasa sakit kata Alya
Saya baru ingat, hari jumat lalu sewaktu naik bis, saya bersebelahan dengan orang yg keliatannya baru sembuh sakit cacar. Langsung saya periksa..ternyata ada bentol/ruam seperti itu dibeberapa tempat. Ini cacar atau bukan ya? sempet terbersit apa ini roseola ya...? Langsung sms Ratih - mamanya aya, ini roseola bukan? Karena khawatir menular ke asha seandainya betul itu cacar, malem itu saya bawa Alya ke DSA nya.
Alya ke DSA diantar papanya, saya dirumah karena Asha badannya mulai demam malam itu. Trus rewel dari sore harinya. Wah ..gawat ni....tertular Alya.
Ternyata Alya terpapar HFMD - Hand Foot and Mouth Desease. Waks?? kok saya bisa amnesia gini ya?? Langsung Alya saya suruh buka mulutnya...wow sariawannya keren banget..tp kok aneh ya ..alya makannya tetep normal tuh. Bahayanya penyakit ini adalah karena komplikasinya yaitu dehidrasi karena tidakmau makan dan minum.
Iya beberapa tahun yg silam, sewaktu Alya berumur 1 tahun an pernah terpapar virus yang sama. Bedanya - dulu parah sekali bahkan minum susu pun Alya tidak mau. Entah karena faktor usia ya, sehingga gejalanya tidak separah dulu.
Antibiotik dari dokter tidak saya tebus, toh Alya masih fine. Giliran saya mengkhawatirkan Asha - jangan jangan tertular HFMD juga. Malam itu juga Alya tidur dikamar yang lain. Padahal biasanya Alya - Asha - dan saya tidur seranjang. Bapaknya? Sudah lama sekali kami pisah ranjang. Daripada ditendang sana tendang sini tiap malam, si papap lebih memilih tidur dikamar yang lain.
Sudah hampir 2 minggu Alya sembuh, tapi tanda - tandanya untuk pindah kamar semula tidak ada. Tiap malam Asha langsung memasuki kamar barunya dan biasanya saya susul - wah maknya nih yang tidak tahan pisah ranjang sama Alya. Saya temenin Alya baca doa sebelum tidur - saya bacakan buku cerita, trus saya matikan lampunya. Baru besok paginya kadang alya masuk kamar saya karena tahu kalau si asha sudah bangun.
Wah ternyata ada berkahnya Alya sakit, Alya berani tidur sendiri tanpa harus dipaksa. Ah syukurlah. Saya nya yang gak tahan beberapa kali ditengah malam sehabis menyusui Asha - masuk kamar Alya dan meluk-meluk Alya. Ah kak..mama ni yang gak tahan pisang ranjang sama kamu. Gimana kalau nanti kamu mesti kos di luar kota ya kak?? masak mama ikut kos sih..heheee

7 comments:

ke2nai said...

pinternya alya udah bisa tidur sendiri ya skrg. bener2 ada berkahnya ya.. :)

silvi said...

long time no see juga ya mbak...maklum jarang banget BW, salah satunya karna blogspot kalo di kantor di blok... :(

alya hebad banget bisa tidur sendiri, kasiyan yah kalo kena HFMD itu...sariawan nya itu loh..bacanya jadi ikut ngilu...orng gede aja kalo sariwan tersiksa banget ya...

Alhamdulillah banget sekarang udah sembuh yaa...

mama arya said...

cepet sembuh ya Alya, biar nti biar bobo bareng ma mama lagi .....

Anggorowati said...

Kak alya..gmn kabarnya? smoga skrg sudah sembuh yah... hebat nih skrg bisa bobo sdrian.. kasian mama tuh jd kangen pgn meluk trs hehhee.. :D

BuNd4 N4jW4 said...

cepet sembuh alya dan asha...ada hikmahnya ya mba dibalik semuanya, kk alaya udah bisa bobo sendiri :)

tupperware said...

Salam kenal...
semoga si kecil sehat selalu...

from susi

technology said...

A friend told me this place I have been looking for, I come, it turned out, I have not disappointed, good Blog!
runescape money