Tuesday, September 23, 2008

Oleh Oleh buat Kakek

Hobi baru Alya akhir-akhir ini adalah menulis surat. Hal yang lumrah buat anak-anak seusia alya yang sudah mulai bisa menulis dan menerjemahkan apa yang ada dikepalanya dalam bentuk tulis menulis. Tapi ada yang spesial.

Seperti hari jumat lalu sehari menjelang mbak Nah pulang kampung. Saat saya sedang sibuk membantu mbak nah mengepack barang dan kue kue lebaran yang akan dibawa mudik, terlihat Alya sedang sibuk juga. Kemudian Alya menghampiri kami dan berkata," mbak Nah..aku titip surat buat Nelly ya". Suratnya diletakkan didalam amplop. Didepannya ditulis untuk Neli dan disebelahnya ditempel sticker fairytopia oleh alya sendiri (sayang tidak sempat memfoto).

Seperti yang sudah saya ceritakan dulu, nelly ini adalah putri semata wayang mbak nah - seusia Alya , ditinggal oleh ayahnya menghadap sang khalik sejak usia 8 bulan dan mendapat keistimewaan dari Allah - tuna rungu dan wicara.

Saya baca isi surat Alya untuk nelly ). Isinya sebagai berikut :
"halo neli, apa kabar. Neli ini ada kue-kue dan baju bagus buat kamu. Neli aku sudah gak sabar nih. Kapan neli maen ke rumah aku. Mau ya maen kerumah aku". Hiks hiks aduh alya baek sekali......saya dan mbak nah sampe terharu mengetahui niat tulus alya - menyenangkan neli dan mengundang neli maen lagi ke Bogor.

Alya sudah mulai libur akhir puasa, seharian alya main sendiri karena mbak nah sudah pulang. Tadi malam , saat saya sedang membereskan maenan Alya, menemukan bermacam macam kertas dengan berbagai gambar dan tulisan. Ada yang menarik perhatian saya. Selembar kertas . Saya ambil dan saya baca.

Saya tertegun sejenak. Tak terasa membuat mata saya terasa basah. Merasa tertohok. Telak. Alya yang umurnya aja baru 5 tahun lebih sudah sibuk merencanakan apa yang akan diberikan untuk kakeknya tercinta saat mudik ke subang hari lebaran besok.

Dan saya terharu membaca deskripsi jenis oleh-oleh yang dibuat Alya. Ada Foxs (permen fox), Xrol (Eggroll - maksudnya), Astor, Nastar, Oreo, Rokok , sajadah, Aqua, foto Alya dan Asha, Foto Mama dan Papa, Dompet....tak lupa dia mau memberi oleh oleh juga buat sepupunya yang kelas 4 SD -Teh Gita. Alya akan memberi oleh oleh Sticker Fairytopia buat Teh Gita.


Sungguh, saya tidak sadar apakah pernah membicarakan tentang oleh-oleh ini dengan alya. Apalagi mendeskripsikan dengan detail apa yang akan dibawa untuk oleh -oleh kakek di Subang. Lihatlah pilihan oleh oleh Alya : rokok, sejadah (begitu alya menulisnya). Seumur umur saya menjadi menantu belum pernah terpikir untuk membawakan oleh oleh berupa rokok untuk kakek. Padahal kakek suka sekali merokok. Alya tahu sekali keinginan kakeknya.
Tadi pagi saya peluk Alya dan saya berkata,"kakak..kakak sayang banget ya sama kakek?"
"Iya mam...alya sayang banget sama kakek dan nenek, tapi nenek kan sudah meninggal, kasian kakek sendirian. Aku kangen sama kakek dan nenek mam. Aku inget nenek mam....dulu pas aku dirumah sakit ditungguin sama nenek sama kakek. Nanti di Subang aku gak bisa ketemu sama nenek lagi".
Duh gusti....saya gak tahan waktu itu, malah jadi nangis dan alya memeluk saya. Lebaran tahun lalu kami masih bisa berlebaran dengan nenek subang, tapi tahun ini arwah nenek sudah tenang disisi Allah SWT. Sambil tersedu-sedu saya berkata kepada Alya, " iya ya sayang...besok lebaran kita ke subang nengokin kakek dan nanti kita ziarah di makam nenek ya nak ya. Al Fathihah buat nenek subang. Semoga amal ibadahnya diterima Allah Swt. Amien."

Ah Alya...kamu memang baik sekali nak. Memang, saya perhatikan ada hal yang menonjol yang diperlihatkan Alya sejak Alya masih sangat kecil - empatinya dan kebaikan hatinya. Dia memang mudah tersentuh dan dermawan -paling tidak dimata saya. Iya..kebaikan hati dan empati Alya yang kadang membuat saya takjub , kadang membuat saya tersadar dan bahkan kadang membuat saya menitikkan air mata haru.

Kapan hari juga pernah saya ditohok oleh Alya, saat diperempatan lampu merah saya tidak memberi sedekah kepada anak-anak yg minta-minta. Dengan spontan Alya berkata, " ih mama, kasih atuh mam anak-anak itu, kan kasihan".

Ah semoga Allah akan menjaga hati bintangkecilku ini supaya kelak sampai dewasa nanti tetap berlaku dermawan dan berempati kepada fakir miskin , anak yatim dan sanak kerabat. Amien ya robbal alamin.

7 comments:

Anggorowati said...

Hiks.. jadi terharu bacanya mbak...
Alya bener2 anak yg baik hatinya.. perhatian & penyayang.. Mama papanya pasti bangga bgt punya putri spt Alya..

bundanya i-an said...

ikut terharu dan bangga bacanya juga..
peluk sayang ah buat kaka alya...

lierieh said...

hallo alya, dah pinter nulis ya skrg, lama ga ktmu, tau2 dah pinter deh

BuNd4 N4jW4 said...

ikut berkaca-kaca bacanya....kk alya udah pinter bikin surat..kirim donk buta bunda&najwa he...he..

Selalu jadi anak yang dermawan ya sayang sampe besar nanti amin

Mba Mohon Maaf ya mba kalow ada salah baik sengaja atow tidak...Met Lebaran dan Maaf Lahir Batin...salam buat kakek ya kk alya muahhhhhhhhh

mama valisha said...

amin.... kaka alya emang hebad... punya anak emang bikin kita belajar banyak ya bu....

jojo said...

wah, si kaka Alya dah pinter banget ya.... tapi kok kakek di kasih rokok ya Ya, kasian lho nanti paru-parunya rusak.... :-)

lebaran di mana nih bu?

maggie said...

anak2 emang tempat belajar kita para orang tua mbak...., maaf lahir batin ya......