Tuesday, July 8, 2008

Jampi-Jampi eh Banci Jampi eh Banji Jampi

Inilah kalo penulis blogger amatiran, bikin judul aja kalang kabut - apalagi isinya . Diterima dengan senang hati andai ada blogger yang berbaik hati mengajari saya kursus menulis online..dan free tentunya..hehhehee.



Yang umumnya terjadi saat libur sekolah tiba ; anak-anak mulai merengek untuk diajak oleh orang tua masing masing untuk jalan-jalan ke tempat wisata atau pergi kesuatu tempat misal rumah kakek dan nenek; tak kalah pula para penyedia jasa pariwisata juga jor-joran mengiklankan produk pariwisata mereka. Tidak berhenti sampai disitu - sehubungan dengan hukum ekonomi supply demand, hotel dan tiket perjalanan pun harganya turut melambung - dengan alasan - peak season.


Kemudian para orang tua pun mulai menyiapkan tenaga dan pikiran mereka untuk memilah milah , mencari-cari informasi tempat mana yang akan mereka datangi untuk berlibur. Dan pada saat liburan tiba, seluruh tempat wisata akan diserbu orang dari berbagai penjuru, yang pasti bisa ditebak adalah munculnya kemacetan menuju tempat wisata dan hiruk pikuk orang ditempat wisata.


Sejak awal punya anak, untuk urusan liburan ini saya bercita-cita tidak akan membiasakan untuk anak-anak saya kata kata liburan = jalan-jalan dan pergi ke tempat wisata, tetapi menanamkan dalam pikiran mereka bahwa liburan memiliki arti yang jauh lebih luas = hari-hari dimana kita tidak sekolah selama waktu yang agak lama dan diisi dengan melakukan segala hal yang disuka dan tentunya yang menyenangkan.


Tujuan saya sih simple saja, saya sebagai orang tua tidak mau terbebani dan pusing dengan namanya liburan dan mudah-mudahan tidak muncul sifat hedonisme pada anakku. Bagaimanapun juga liburan ini cukup menguras kantong untuk rakyat jelata (baca : penghasilan pas pasan) macam saya ini. Selain itu saya tidak mau anak-anak saya terperangkap dengan kata liburan ini, mereka harus mampu memahami bahwa liburan tidak melulu harus pergi kesuatu tempat wisata tetapi liburan itu lebih kepada mencharge pikiran kita supaya fresh lagi. Waduh kok jadi melantur gini yak.


Seperti liburan sekolah alya kali ini , akhir juli nanti kami harus menghadiri pernikahan adik saya satu-satunya di Tulungagung - Jawa Timur. Tentunya kami semua harus pulang kampung kalau tidak mau dicap "kebangetan". Acaranya tanggal 26 July, artinya tanggal 22 July kami harus bertolak ke Jawa Timur dengan menempuh perjalanan darat sejauh 800 Km - kurang lebih 18 jam perjalanan normal.


liburan sekolah berakhir tanggal 11 July 2008, tanggal 14 July sudah mulai masuk sekolah. Akhirnya kami memutuskan untuk mengisi liburan ini dengan tidak berwisata kesuatu tempat dengan alasan penghematan dana , penghematan cuti tahunan, penghematan tenaga, dan menjaga stamina untuk bekal perjalanan darat yg cukup jauh. Trus masalahnya, bagaimana dengan liburan Alya? bagaimana membuat liburan Alya dirumah menjadi seru minus pergi ketempat wisata?


Hmm ternyata tidak sesusah yang saya bayangkan menyusun menu liburan alya, jadwalnya kurang lebihnya adalah begini :


* Alya tetap bangun pagi (supaya pada saat sekolah nanti tidak perlu penyesuain baru)
* Setelah itu Alya akan sarapan pagi seperti biasa & minum susu
* Alya ikut mbak belanja sayuran di tukang sayur yang mangkal diPos depan ( ini cukup membuat alya senang), karena diperbolehkan ikut belanja mbak - tugas alya membaca daftar belanja dan membayar belanjaan - disamping sebelumnya Alya memperhatikan si mbak sedang tawar menawar dan abang tukang sayur menghitung total belanja.
* Bersepeda Ria - ini sudah menjadi kebutuhan buat Alya
* Alya bermain dengan teman-temannya - outdoor (bermain pasir, bermain dikebun singkong, metikin rumput liar en tanaman perdu dilapangan , petak umpet, kejar-kejaran)
* Alya membantu mbak metik sayur-sayuran, mencuci sayur dan mencuci peralatan masak dari plastik - naik kursi kecil tentunya dan kadangkala membantu mbak membuat kue bolu pisang kesukaan alya
* Alya makan siang dengan lahap -karena aktivitas fisiknya cukup banyak
* Alya bermain dg adik Asha dan membantu menjaga adek
* Alya tidur siang dengan Adik Asha
* Alya bangun tidur siang en trus minum jus buah atau makan buah dingin
* Alya bermain outdoor lagi bersama sama teman-temannya , dan teman-temannya ini rajin sekali nyamperin alya untuk diajak bermain. Setiap jam 4 sore, ada teriakan-teriakan dari balik pagar,"Aliya....Aliya...Ayok maen yok"
* Alya bantu mbak siramin tanaman dan bunga anggrek mama
* Alya mandi sore
* Alya bersepeda ria lagi dan bermain outdoor bersama sama teman-temannya lagi sampai jam 5 - 5.30 sore
* Alya bermain didalam rumah : aktifitasnya = menggunting tempel, menggambar, mewarnai - melipat- , membaca majalah anak , membaca buku koleksinya, bermain congklak,bermain ular tangga, bermain tenda, bermain catur meskipun masih ngawur, menyanyi lagu-lagu yang lg ngetop, mendengarkan kaset sandiwara/cerita.
* Tiap hari sabtu ikut mama & papa pengajian alumni ESQ yang membahas Al Quran & Hadist.


Hasil liburan kali ini adalah alya senang dan menyukai semua aktifitasnya yang luar biasa dengan cost seefisien mungkin, kenapa saya bilang luar biasa?. Lah iya wong pada hari - hari biasa alya belum tentu bisa menikmati semua aktifitas itu. Suatu kemewahan buat Alya diberi keleluasaan bermain outdoor seharian begitu. Ah iya supaya tidak monoton kami memberi extra bonus buat liburan alya.


Hari sabtu di minggu pertama, kami beri bonus liburan - nonton bareng - Kungfu Panda. Apa reaksi Alya ? excited banget - seru banget - tertawa sampai terbahak-bahak selama pertunjukan berlangsung. Dengan nonton bareng bertiga - budget cukup murah dg HTM @ Rp. 15.000 kami sudah menonton di bioskop terbaik di bogor.


Hari sabtu minggu ke dua, karena papanya masuk kerja - kami berdua , saya dan alya mengunjungi mall terbesar di Bogor - Botani Square - permintaan alya sangat sederhana - minta dibelikan 2 biji donut J.Co dan mesti dimakan ditempatnya. Kebetulan saya parkir mobil dihalaman mall, bukan di basement. Tiba tiba kami menangkap pemandangan yang seru banget, sampai-sampai membuat Alya tertegun. Dihalaman parkir sedang ada anak kecil yang bermain Bungy Trampoline (ini istilah saya sendiri).
Alya terlihat terpaku menyaksikan pemandang tersebut dan tidak mau diajak masuk ke mall.
"Bentar mam, liat itu dulu" sambil matanya tak lepas dari ayunan super tinggi itu
"kakak mau naek itu?? Kutawari alya untuk naik bungy itu Alya hanya menggeleng pelan sambil terus menerus menatap dan menyungging senyum kecil.
Hmmm this is the show time. Ini saatnya menjajal keberanian Alya lagi.
"Wah hebat banget ya kak?? pasti seru banget deh diatas sana...horeeeee ..ayo kak tepuk tangan kak..anak itu hebat banget ya...wooooow keren..hebat ya kak..kakak berani gak???" sederetan kata kata pujian yang penuh semangat kuluncurkan mulus. Masih dengan menyunggingkan senyumannya , Alya menggeleng pelan.


O.K Stop. Kalau sudah begitu jangan pernah dipaksa.


"Yuk..kita makan donut dulu yuk kak...panas ni disini" kutuntun alya memasuki tempat favourit alya dimall ini , counternya J.C Donut. Seperti biasa kita akan memilih tempat duduk di ujung, dengan kursi dan meja pendek yang bisa berputar putar - itulah tempat duduk favourite alya. Tak nikmat rasanya menikmati 2 potong donut yg penuh lumuran coklat leleh kalau tidak duduk disitu.


Pembicaraan tentang bungy itu masih berlanjut, kuceritakan betapa seru sekali mencoba permainan tersebut, nanti akan kita ceritakan ke papa, ke om ke mbak seandainya Alya mau ...ah iya nanti mama foto ya supaya mereka percaya Alya anak pemberani.


Mungkin ada sensasi coklat yg masuk kemulut alya dan membuat adrenalin Alya muncul dan tiba tiba alya berkata " Mam...aku mau naik itu, tapi sehabis makan donut ya". "Bener nih kak? kakak hebat euy..berani naik bungy jumpy" dengan perasaan senang campur berdebar-debar, takut Alya membatalkan niatnya.


Saya gandeng tangan Alya menuju tempat parkir-tepatnya ke tempat bungy jumpy. Saya biarkan sejenak dia memperhatikan anak anak sedang bertebangan diudara...hehehhee. "Wah seru banget tuh kayaknya...hebat tuh anak kecil yang diatas seumuran ama kakak deh kayaknya ..wih pada berani berani..... Kakak berani kan naik diatas kayak gitu?" Alya mulai mengangguk pelan. HIyaaaaaa. "bener ni..mau naik itu?? horeee Alya hebat...sana gih beli tiketnya". Tiketnya sama sekali tidak ekonomis @ Rp. 20.000/ 5 menit.


Dengan mantap Alya menaiki tangga dan naik ditrampoline trus kuminta alya lompat lompat dulu, ya buat pemanasan dulu supaya gak langsung shock. Kemudian instrukturnya mulai memasangkan alat pengamannya. Seperti biasa mama yang ribut jadi cheerleader buat Alya..hehheee.


Dan taraaaaaaa....inilah aksi nekat Alya. " Seru banget mam...rasanya kayak mau jatuh, tp ternyata enggak jatuh" Itu komentar Alya begitu menjejak di bumi lagi.




Dan ternyata tidak berhenti sampai disitu, dari hasil pamer foto dikomentari secara positif oleh papa, om dan termasuk mbak nahnya, keesokan harinya Alya malah menantang," Mam..aku mau naik jampi jampi eh Banci Jampi...eh banji jampi ...lagi dong mam". " Boleh tapi harus benerin bacaan ayat kursi nya ya, soalnya bacaan kakak masih belum sempurna".

Ternyata beberapa hari kemudian Alya show off bacaan ayat kursinya sudah hafal en fasih sekali, terpaksa hari sabtu nya kita kembali ke Botani square dan bermain jampi -jampi lagi. Kali ini disaksikan saya dan papanya. Ini dia fotonya....wah salah kostum ya kak..kali ini kakak pake rok...he.hehehe.

Lihat !!!! Wowwww kakak tinggi banget , mungkin kalo mama yang naik , udah pingsan diatas itu komentar papa Alya....hehehe.





Nah tuh kan....seru banget kan liburan Alya kali ini. Ternyata dengan PAHE alias Paket Hemat pun liburan tetap bisa berjalan seru dan menyenangkan buat anak-anak. Mudah bukan ternyata membuat menu liburan yang sehat minus Televisi - minus maen Games.

Mari kita list benefit apa yang kita dapatkan dari liburaan Alya yang tinggal beberapa hari ini akan sgr usai:
1. Rasa percaya dirinya semakin menonjol
2. Kemampuan berbahasa,bersosialisasi, bernegosiasi semakin meningkat
3. Hafal Ayat Kursi beserta lafalnya dengan baik
4. Keberaniannya bertambah
5. Kenekatannya bertambah
6. Fisiknya makin kuat, badannya makin keras saja dan kesehatannya semakin prima - maen outdoor terus tiap hari. Berat badan nambah 1 Kg - sebelumnya untuk naik 100 gram saja susah sekali.
7. Semakin mahir bersepeda dan keseimbangannya semakin bagus, buktinya sekarang sudah bisa naik sepeda roda dua sambil lepas 1 tangan dengan lancar dan bahkan kadang bisa lepas 2 tangan
8. Kemandiriannya & Tanggungjawabnya semakin kentara - makan sendiri, beresin maenan sendiri, mandi sendiri
9. Bacanya semakin lancar - udah mulai seneng baca koran, seneng nimbrung mama-papa or om davit baca koran
10. Konsep Logika matematikanya semakin memuaskan....eh kemaren alya nanya ama saya 2 x 100 =? saya jawab dua ratus, ganti saya tanya kalo 3 x 100 berapa hayo?? tanpa berpikir panjang alya jawab tigaratus...hehehhehe
11. Ah iya...satu lagi alya juga sudah mulai belajar mengkliping dan membuat cerita.....ini berasal dari ide gunting tempel. Bahannya pun sederhana , brosur belanjaan/koran/majalah bekas + gunting + lem + 1 buku gambar + 1 bolpen or pensil sudah bisa menjadi cerita yang membuat saya senyum senyum simpul. (lom sempet membuat fotonya).


Wah kalo kayak gini udah gak perlu lagi ikut summer camp nu mahal tea ya Ka. Sekarang udah fresh dan siap masuk kekelas TK B yah...
Aihhhhh ........ide-ide seru sudah mulai berputar putar dikepalaku buat liburan alya desember mendatang. Ide PAHE lagi dong pastinya...

14 comments:

Nia said...

Bun, jago banget ngatur jadwal Alya selama liburan. Klo Rayna liburan, Nia nyerah deh... Membiarkan Rayna berantakin rmh sepuasnya biar Nia bs ngerjain pekerjaan rmh. Ibu yg pasrah hihihi.

Luky Ekowati said...

Ah gak percaya deh kl mummy rayna ini ibu yang pasrah..

Hmmm prinsipnya aku cuma pengen ngasih reward dengan membuat liburan sekolah itu bisa berkesan buat Alya. Biar Alya inget kl liburan itu sangat menyenangkan en so special. Reward buat Alya lah, kan selama ini dia sudah berusaha keras untuk melakukan yang terbaik.

Lagian gak perlu tenaga dan biaya extra kok. Membuat menu liburan tidak sesulit membuat menu makanan or bikin cake/kue kue...simple en murah meriah..he.he.he

Ah iya...buat sarana motivasi belajar Alya kelak...hehehe.

mama arya said...

Bener pinter banget niy Luky, dah gitu si-Alya juga anaknya gag neko2 ...

lain ma Arya deh, kadang bisa lolos apa yg mama/bpknya bilang tp kadang tetep ngotot bersikeras untuk minta sesuatu, tp aku sebagai ortu juga gag ingin ngebiasain tiap liburan sll ada acara spesial utk keluar rumah, inget dana juga sih ...


bentar lagi aku jg mau mudik jeng, k klaten ( timur jogja, barat solo tau toh) mau nyandi alm.bpkku tepatnya 1000 hr nya aku mau cuti tgl 19 - 26 agst heheehehe ..gag bisa kopdar dong, hayo nanti nginep di hotel klaten wae nyari yg murmer sekalian belanja belut goreng ...

mama arya said...

Bener pinter banget niy Luky, dah gitu si-Alya juga anaknya gag neko2 ...

lain ma Arya deh, kadang bisa lolos apa yg mama/bpknya bilang tp kadang tetep ngotot bersikeras untuk minta sesuatu, tp aku sebagai ortu juga gag ingin ngebiasain tiap liburan sll ada acara spesial utk keluar rumah, inget dana juga sih ...


bentar lagi aku jg mau mudik jeng, k klaten ( timur jogja, barat solo tau toh) mau nyandi alm.bpkku tepatnya 1000 hr nya aku mau cuti tgl 19 - 26 agst heheehehe ..gag bisa kopdar dong, hayo nanti nginep di hotel klaten wae nyari yg murmer sekalian belanja belut goreng ...

gadis said...

duh bunda.. mau donk diatur jadwal aq, pengen bgt teratur rapi

BuNd4 N4jW4 said...

ibu satu ini emang GOOd Mother. Dan menjadi inspirasi banyak orang....

Kk alya hebat berani naik banji jampi dan yang pasti liburan yang sangat menyenangkan yah....

Mommy Alya-Asha said...

@ Ninie - Mama Arya : Ah mosok sih pinter..hahaa..ngasal deh.
Wah yo anak kecil hampir sama saja toh Nie...

Wah mudike awake dhewe gak bareng yo nie, sayang. Wah aku gak lewat Klaten jeng...kadohen - dr Semarang langusng Solo trus Sragen.

@ Nisa - Bunda Najwa :
halah halah....amanahnya nisa kok ya berat banget sih - good mother. Insyaallah ya non.

Bisa inspired orang lain sih mungkin saja - syukur kalo begitu mah - jadi saya nulis ada manfaatnya ya. Mosok seh banyak orang sih nis? Amin semoga ya.

mama valisha said...

hebad... hebad... kagum deh sama ibu yg satu ini, sampe segitunya nyiapin liburan alya yg baru tk...
pasti alya seneng ya mom...

Boleh nyontek idenya ya mom...

Azzah said...

waaaawwwww hebaaat kak alya reks. jagoannya mama ya

Bun`e said...

Hai mba n Alya cantik.., pakabar?. Maaf nih lama gak bw... lagi kena masalah ga bisa duduk lama didepan kompi neh, heheh faktor U deh keknya.

Pesannya udah saya baca mba... , mba masih simpen no hp aku kan?, kontak ya kalo sampai Smg. Insyaallah kita bisa ketemu, ok.

Duh itu Alya aku liat fotonya aja udah ngeri neh dengkulu.. hehehe berani ya Alya, pinter nih.. udah jadi kakak gitu lho. :)

bundanya i-an said...

hebad..hebad.. applause deh buat alya dan bunda..
eh alya berani tuh naik jampi-jampi.. tante ghia kalah deh...

Anggorowati said...

wow..alya hebat..
mbak, njenengan pinter bgt ngomporin anak biar jadi anak yg pemberani hehehe...

anisa said...

Alya hebat banget, berani gitu... hebat2... anak yang hebat pasti terlahir dari ibu yang hebat juga.
Makin pinter ya nak di kelas TK B nanti dan makin sayang ma adik

yanti said...

hebat ya, Mama Alya bisa mencarikan ide liburan yang sehat, murah tapi menyenangkan. Naila kebetulan ga punya temen sebaya di sekitar rumah, jadi kita memang sering ajak ke luar biar lebih banyak bersosialisasi. tahun ini kebetulan kita ke Jawa Tengah krn ada sepupu yg nikah, jadi ya sekalian berlibur juga deh :D