Monday, April 28, 2008

Strawberry Allergy





Preferensi Alya terhadap buah-buahan, biasanya dia cenderung suka dengan rasa buah yang rasanya manis-manis asam. Jadi selain buah jeruk, apel fuji, mangga dan Anggur, Alya juga suka banget sama Strawberry, strawberry dipotong -potong trus ditabur gula sedikit, dijamin 1 mangkok kecil bakalan habis. Saya belum pernah membuatkan Alya jus strawberry karena satu satunya jus yang dia mau minum, hanyalan Jus Jeruk, atau Jus Apel - Jeruk, atau Jus Apel - Jeruk - wortel itupun yang homemade. Belum pernah sekalipun saya berhasil membuatkan dan membujuk Alya minum jus selain itu, apalagi bukan homemade, pasti si jus sukses dilepeh.


Begitu pula dengan nasib si strawberry, belum pernah sekalipun si Alya mau minum jus strawberry ini. Karena kebetulan temen kantor ada yang punya kebun strawberry di lembang dan jual strawberry yang besar dan ranum itu dg harga yang lumayan miring dibanding di hypermarket or supermarket, trus inget pengen nyoba bujuk Alya minum Jus Strawberry lagi. Tapi sekarang ada triknya, si Alya diajak bantu saya menyiapkannya.


Hari sabtu kemaren , setelah sarapan nasi goreng , Alya sibuk bantu saya nyuci strawberry dan memasukkan ke blender. Jadilah 2 liter jus strawberry yang menoooor banget warna merahnya, dan lucunya Alya sampe nambah nambah minum jus strawberry ini . Seger dan enak banget, itu komentar Alya. Selain Alya ternyata orang satu rumah kebagian jus strawberry semua, Om Davit, Papa, Mama , Mbak Nah dan si Nur. Cuma si Adek Asha yang gak minum.


Besok paginya, si Mbak Nah bilang kalo lutut dan jari kaki si adek digigit nyamuk, trus terlihat bentol kecil - merah. Siangnya ternyata lutut dan jari kaki adek merah dan bengkak, saya masih menduga adek digigit serangga atau semut merah. Si adek asha jadi rewel banget, dan sampai rumah ternyata bentol merahnya bertambah di bagian tangan sementara lutut dan jari kakinya semakin keras bengkak. Duh kasihan sekali liat kondisi si Adek, kayaknya gatel en sakit banget. Trus anehnya, bentolnya ini di tubuh bagian kiri saja.


Saya jadi kepikiran, wah jangan jangan si adek alergi lagi - riwayat alergi adek pernah saya tulis disini. Tapi alergi apa?? perasaan si adek asha sudah tidak alergi dengan produk susu, secara setiap hari saya sudah mengkonsumsi susu. Trus dari kemaren-kemaren, saya hanya mengkonsumsi ayam dan ikan air tawar, sebelumnya pun ikan laut juga fine-fine aja even gak boleh sering banget, udang dan kepiting pun saya masih konsumsi. Jadi bingung sendiri ....saya makan apa ya, kok si adek jadi alergi begini (red - si adek masih ASI Exclusive sampai hari ini ).


Sorenya kondisi masih tidak berubah, kayaknya si adek gatal banget , saya tersiksa banget liat si adek garuk -garuk terus sambil agak rewel. Trus lama lama saya ingat-ingat artikel di buku kamus saya - yak Strawberry. Ambil bukunya trus disitu memang disebutkan bahwa strawberry memang bisa menyebabkan Alergi. Gak puas, pagi ini saya browsing - alamak....baca lengkapnya disini yah. Jadi kesimpulannya selama masih ASI - saya tidak boleh mengkonsumsi Strawberry sama sekali dan produk turunannya juga .


Aduh Asha, maafin mama ya nak. Mama lupa kalo kamu dibalik kulitmu yang halus en kuning mencrang itu, kamu bakat alergi bahkan sejak kamu dilahirkan pun kamu sudah alergi. Berbeda sekali dengan si kakak Alya, strawberry lover en kulitnya pun lebih tahan banting. Saya yang minum enaknya, si adek asha yang mesti garuk-garuk gatal karena alergi.

Jadi ingat uminya anka, yang kemaren kutawarin strawberry malah menolak mentah-mentah.

Note : Gb strawberry diambil disini

12 comments:

mama valisha said...

baru tau ada alergi strawberry, kasian ade Asha... untung udah ketauan ya..
Kaka Alya jus strawberry nya kasih tante deh, kan mama gak boleh minum hehe

yanti said...

aduh kasian adek ya sampe gitu...
iya aku dulu baca kalo di bawah 1 thn ga boleh makan stroberi, ternyata kalo sensitif stroberi dalam ASI pun efeknya dahsyat ya...

azzah said...

iya mbak bener. yg berakhiran berry pokokna bikin alergi, dah baekan skrg dek asha ?

Vina Revi said...

Nah, jadi sekarang Mama udah tau kalo Asha alergi strawberry, kan? :)
btw, kemaren aku sempet nulis sedikit tentang allergy

Anisa said...

mudah2an dik Asha dah baikan ya mbak, duh kasihan klo anak kecil dah kena alergi gitu. buat Alya dah mulai jatuh cinta ma strawberry ya...ehm jd ngeces nih mbayangin jus ini..

nYam said...

yah bu, maunya ga menolak. tapi daripada aku pulang bawa stroberi trus sampe rumah teler gara-gara baunya he he he.....

strawberry lucu diliat, ga lucu dicium hihihi....

mama arya said...

WAh, bisa bikin alergi juga toh, tapi sayang daku gag kuat asemnya cuma suka lihatnya aja nih...

anak2 seaht kan mmbak

Sary Day said...

stoberinya buat kakak asyah aja..hehehe..

ade asha dah sembuh kan??

Shazma said...

moga2 dek Asha udah baikan yah dek..baru denger ada alergi starwbery yah mam...
mama luky BTW nanyua donk pom[pa ASI yg recomended apa yah?mereknya apa?terus lebih baik yg manual or electric yah say???
binun nih tante hehehe....

Anonymous said...

Merry Christmas and Happy New Year, may all your wishes come true!

Anonymous said...

toxa55.in

Anonymous said...

The article was very interesting and informative for me. weight loss