Friday, March 28, 2008

Layangan

Kuambil buluh sebatang
Kupotong sama panjang
Kuraut dan kutimbang dengan benang
Kujadikan layang layang

Bermain, Berlari
Bermain layang layang
Berlari kubawa ketanah lapang
Hatiku riang dan senang



Inget jaman dulu ya ? setiap memasuki musim kemarau dimana angin berhembus kencang, maka saat itulah musim layang-layang tiba, dimana-mana orang nerbangin layangannya, dan semakin seru saat rame-rame berburu - mengejar layangan putus. Wah serasa dapat durian runtuh rasanya. Jaman kita masih anak-anak, kebanyakan kita bikin layangan sendiri dimana seinget saya cara bikinnya kurang lebih sama kayak lagu tsb diatas, trus kita pasang benang bahkan ada yang bersusah payah benangnya dikasih telur + pecahan beling (pecahan kaca yg sudah dihaluskan), supaya kalo sambitan (red. ngadu layangan) bakalan menang. Hmmmm ... ditambah lagi siulan-siulan yang dipercaya bisa memanggil angin supaya datang.


Kayaknya seru banget ya?... pasti. Berbeda dengan tempat saya tinggal sekarang - meskipun masih ada yang suka bermain layangan tapi "hawa" nya berbeda sekali dengan "hawa" saat masa kecil saya bermain layangan dikampung halaman saya dulu banget..puluhan tahun yang lalu. Pengen rasanya membagi rasa suka cita dan pekik gembira dengan Alya saat sang layangan bisa mengudara . Sayang, rasanya hal itu agak sulit kami lakukan, tanah lapang yang kanan kirinya diapit dengan rumah-rumah bertingkat, lalu lalang kendaraan yang cukup membahayakan bagi yg sedang berkonsentrasi menerbangkan layangan bakalan mengganggu keasyikan bermain layangan.

Jadi aktifitas seperti foto diatas dan disamping ini yang bisa kami bagikan kegembiraannya buat Alya. Yup...dengan sekedar mewarnai layangan ini sudah bisa membuat gadis kecil kami tekun sesorean berkutat dengan cat air dan layangannya dan memekik gembira setelahnya. Meskipun setelah menyelesaikan mewarnai layangannya, hujan mulai turun rintik-rintik..

Maap ya Alya, mamam & Papap janji buat ngajakin kamu dan adek Asha but nerbangin layangan ditempat yang lebih luas dan lapang supaya mainnya lebih seru.

12 comments:

silvi nugroho said...

apa kabar mbak...baca cerita khususnya yg behind the scene..waduuh...seru...pake acara terisak-isak lagi...maklum org hamil pan sensi ya mbak...

Btw..selamet ya mbak...ade asha lucu banget...dan namanya baguuss...doain aku lancar ntar alhirannya ya mbak..yg skrg ini aku SC lagi, InsyaAllah awal Mei nanti..sun buat alya..makin cantik ajah...

deph said...

halo asha.. wih nama depan dan panggilannya sama yaa.. hehehehe..

kak alya, layangannya bagus deh.. ayo terbangin kesini, biar ditangkep sama asha di balikpapan..hihihi

Sary Day said...

kapan-kapan main layangan bareng ya, alya..

Vina Revi said...

waks! Aku juga kaget karena ternyata Alya udah punya dedek. Wah, brarti kita ini sama-sama saling ngasih surprise, ya? :)

Tapi mungkin kalo aku terlalu ekstrem, karena terlalu banyak surprise dalam waktu yang bersamaan. huhu, maaafkan daku, say! yang penting sekarang aku udah balik lagi jadi blogger sejati, kan? :)

bundanya i-an said...

wah alya pinter juga yah mewarnai....

azzah&nawfal said...

alya, layangan di jimbaran aja yuuuuks ma nawfal :), tempatnya luas, ada sapi2 berkeliaran lagi, wenaks pokoknya deh al :)

purwa said...

hehehe.... jadi teringat masa2 kecil pas maen layang2.
Oouuppsss... sekarang juga masih kok main layang2, cuman layang2nya hampir setinggi aku. :D

jojo said...

Ayo Alya, adu main layangan sama kaka Damar dan mamanya.......:-).

jojo said...

Ayo Alya, adu main layangan sama kaka Damar dan mamanya.......:-).

jojo said...

Ayo Alya, adu main layangan sama kaka Damar dan mamanya.......:-).

jojo said...

Ayo Alya, adu main layangan sama kaka Damar dan mamanya.......:-).

Anonymous said...

Numpang nanya dong layangannya di cat pakai cat air ya ?? mang layangannya terbuat dari apa ?? kalau kertas sepertinya gampang sobek ketika mencatnya .. terimakasih banyak sebelumnya :)