Saturday, March 29, 2008

Happy Birthday Kakak Alya

29 Maret 2008

Tak terasa hari ini usia Alya genap 5 tahun. Selama 5 tahun ke belakang adalah very very wonderful moment buat saya sebagai mamanya Alya. Yang paling besar adalah perasaan suka cita sekaligus gembira mendapati perkembangan bayi mungil saya yg pada saat dilahirkan cuma seberat 2.85 Kg disebuah klinik bersalin kecil di Bogor dan kini bintang kecil saya telah menjelma menjadi gadis cilik berseragam sekolah lengkap dengan kaos kaki putih panjang sampai betis dan sepatu warna hitam yang berkesan resmi . Aih bangga rasanya memandangnya, ternyata bintang kecilku sudah besar ya.

Sebagai mamanya, tentu saja sejak Alya umur sebulan saya sudah bisa menebak tipe kepribadian Alya kelak. Dugaan saya benar, Alya tumbuh menjadi anak yang terbuka, mudah bergaul, riang dan murah senyum, ditambah semakin hari semakin nampak rasa empatinya yang cukup besar. Sejak berumur sekitar sebulan or 2 bulan, begitu membuka matanya di pagi hari - Alya bayi akan selalu menyuguhkan senyum terbaiknya kepada kami. Sungguh, saya menikmati moment moment ini, kantuk yang amat sangat langsung lenyap mendapati senyuman malaikat ini. Apalagi saat kami berusaha mengajaknya bercanda, suara gelak tawa sangatlah mudah keluar dari bibir mungilnya.

Semakin hari makin terlihat jelas Alya adalah anak yang logika berfikirnya berkembang cukup baik, sejak mulai bisa berbicara , kadang kami dikejutkan dengan pernyataan maupun pertanyaan dia yg kadang jauh melampau usianya. Kemampuan berdiplomasinya terlihat jelas dimata kami, Alya akan selalu mengarahkan kami ke pernyataan memojokkan sehingga seringkali kami tidak mampu lagi menolak keinginannya. Sejak bayi sampai saat ini, dia tidak akan menggunakan teknik menangis , menjerit-jerit ataupun mengamuk untuk memperoleh keinginannya. Cukup dengan kalimat yang mengarahkan kami dan nada lembut, dia akan menyampaikan maksudnya untuk mendapatkan sesuatu.

Dan yang membuat kami bangga, empatinya terhadap orang lain luar biasa besar menurut kami. Tak jarang kami mendapati cerita bahwa dia membagi bekal makannya untuk de Ahra, membagi pin yang saya belikan untuknya buat lala temen sekolahnya, membagikan bajunya yang masih bagus dan menyumbangkan boneka yg jarang dia mainkan untuk neli -anaknya mbak nah. Apalagi sekarang setelah ada adek Asha, dengan senang hati dia akan telaten menemani adek Asha bermain dan mengajaknya ngobrol, sementara mbak Nah sedang mencuci popoknya Ade atau mama lagi mandi.

Si kakak Alya pintar sekali menyembunyikan rasa cemburunya kepada adeknya, saat melihat saya banyak mencurahkan perhatian dan mendaratkan ciuman saya dipipi Adek Asha, meski beberapa kali Alya sempat protes dan berkata saat saya bilang kalo saya mencintai Alya ," ah mama kan gak sayang sama aku, mama sayangnya sama adek". Kaget banget mendapat sindiran halus seperti itu, dengan susah payah saya memberi pengertian dan meluruskan pendapat alya, itupun masih dijawab oleh Alya," buktinya kalo aku dimarah-marahin terus, tapi kalo adek dicium-cium terus". Kakak Alya sayangku, mama sayang banget ama kakak Alya, sayang banget. Mungkin saat ini kakak belum bisa mengukur cinta mama buat kakak Alya, tapi kelak kalo kakak Alya sudah besar nanti, kakak Alya akan tau cinta dan sayang mama buat kakak Alya dan adek Asha adalah sama. Mama sayaaaang banget sama kakak Alya dan Mama sayaaaang banget dengan adek Asha juga. Maaf ya sayang, kalo selama ini kamu merasa tersisih.

Seringkali Alya membuat saya trenyuh dan mbrebes mili dikala dia membela papanya bahkan juga adek Asha, saat saya berargumen kelewat meledak ledak dengan papanya. Bahkan Alya pernah menangis terisak - isak sambil berkata,"kasian kan mah adek asha kan masih kecil, dia kan belum ngerti" disaat saya melepaskan emosi saya dengan mengatakan sesuatu yang agak keras kepada adek asha. Dan beberapa kali dia bercerita, bahwa dengan berani dia menegur si A - karena si A telah mendzolimi Zahra, de Ahra or lala dan teman -teman sekolahnya yang lain, dengan resiko malahan dia sendiri yang akan didorong atau kadang dijambak rambutnya oleh si A.

Eh tapi Alya juga anak yang lucu juga lho...celetuknya kerap membuat mama-papa, mbak nah dan bahkan si adek asha tertawa tergelak gelak.

Ah Alya...kamu semakin membuat kami jatuh cinta, kemauannya yang besar dan semangatnya yang luar biasa membuat dia mampu menaklukkan rasa takutnya untuk mampu dan berhasil menaiki sepeda roda duanya di , sehingga dalam hitungan 30 menit sejak roda bantuan dilepas dia mampu mengendarai sepeda roda duanya. Trimakasih Alya, ini kado terindah buat kami di usiamu yang ke 5.

Mama papa hanya bisa memenuhi permintaanmu berupa kado berupa sepeda berwarna pink yang ukurannya lebih besar dibanding sepeda mungilmu sebelumnya, seperti yang kamu pinta dan pilih sendiri dan bahkan kamu minta sepeda tersebut didatangkan seminggu sebelum hari ulang tahunmu. Selain itu mama juga sudah memesankan kue ultah bergambar princess snow white buatmu.


Selamat Ulang tahun yang ke-5 , Sayangku, Cintaku, Buah hatiku. Kami selalu mendokanmu supaya kamu selalu menjadi anak yang baik, sholeha, santun, dan juga berbakti dengan mama papa, memperoleh kedudukan yang mulia dimata Allah SWT, berguna bagi agama dan juga negaramu. Mudah-mudahan dengan bertambahnya usiamu kamu makin pintar, cantik dan tambah sehat ya..sayang.

Kami bertiga sungguh sangat mencintaimu bintang kecilku....

Mama-Papa-Adek Asha

17 comments:

Sary Day said...

wah..kakak alya baru ulang tahun yah..?

selamat ulang tahun ya, sayang
semoga tumbuh jadi anak yang cerdas, sehat dan beriman.

sun sayang juga untuk ade asha

aroengbinang said...

hayya..., sudah lama gak mampir ternya si bintang kecil sudah punya adek, slamat!

selamat ulang tahun juga Alya, gigi marmut-nya koq gak klihtan ya... :D. yg pinter ya skul-nya....

Ninie said...

Udah lama gag mampir sini, udah bnyk cerita2, seru semua...

ku ucapkan utk mamaAlya , selamat ya jeng, atas persalinannya yg sudah di mudahkan, semoga jadi anak yg sholehah, berbakti ama kedua ortunya, amin..

Selamat ultah utk Alya semoga diberi kemudahan2 dlm sekolah, jd anak sholehah, bakti ama ortu, aminn...

nYam said...

hepi belated bersdei Alyaa....tambah gede tambah pinter tambah sayang mommy en adek Asha yaa

oh itu cake yang bikin mommy na pusing hihihi

azzah&nawfal said...

alya, maap ya tante ketinggalan kereta, eh berita, MEt ultah ya Al, Meng-Aminin doa mama sama papa ya. tambah pintar dan sholehah ya sayang !

BuNd4 N4jW4 said...

Sekali lagi met ultah kk alya....ikut mengamini doa mama&papa...

Tetap lah menjadi anak mama yang cantik,pinter,santun dan kebanggan mama,papa, dan dede asha :)

Nanti yah sayang kadonya nyusul dr tante, moga kk alya suka :)

Anggorowati said...

Duhhh..Alya dah tambah besar ya,nak..? Maaf neh tante jarang mampir jd ndak tau klo Alya ultah..

Met ultah ya sayang.. smoga panjang umur,sehat selalu, jd anak sholehah kebanggaan mama papa.Amiiin.

Tante terharu neh denger cerita mama ttg Alya.. Alya pasti tumbuh jd bener2 pinter yg membanggakan & berguna bagi org2 disekitar Alya..

Oiya..dedeknya guanteng neh..matanya belok.. smoga sehat2 semua. amiiin:)

angin-berbisik said...

wah selamat ultah ya kaka alyaaaa.....duh kaka alya emang paling muanis senyumnya....tante aja termehek2...hehehe

nti kalau tante ke jkt ama baby pasti nyempetin utk sowan ke rumah mama alya-asha nih...tunggu yaaa

Anggorowati said...

walah mbak.. maaf.. aku lupa klo asha cewe.. td merhatiin foto2nya aja hihihi.. emang kelihatannya ganteng sih.. :D

Bundakey said...

Hepi belated besday ya :) wah beda cuma 2 hari sama daka ya, daka tgl. 31 Maret

Mengamini doa nya ayah bunda ya ... amiin :)

Tambah cantik aja deh ultah yang ke 5 nih :)

mama valisha said...

hai kaka Alya....
maaf ya telat ngasih ucapan selamatnya, gak papa ya sayang...
selamat ulang tahun... kaka Alya pinter banget deh, semoga makin pinter, cantik, jadi anak solehah ya... sun muah muah buat kaka Alya

BUndAzkA said...

kak alyaaaaaaa
met ultah yaaa..
smg jadi anak sholehah,kakak yg baik..:)

Shazma said...

Happy belated B'day kk alya semoga semua donya terkabul Amiinnn..kk Alya memang pinter yahhh...
Thx doanya juga yah mama, adek boy nya masih Insyaallah lohhh ;-D, itukan baru prediksi belum pasti, jadi kita lihat saja nanti hehehe

Rita said...

Happy belated b'day yah kaka Alya...

Shella Mawardi said...

Happy belated birthday ya kakak Alya...maap telat...

ninda said...

Maaf ya kk Alya.. bune telat nih kesini... udah ga kebagian tart dong ya?.

Happy belated b`day ya sayang.. moga jadi anak sholehah, sehat n bahagia sepanjang masa... Amin.

anisa said...

met Milad Alya... sehat selalu, makin pinter dan mudah2an jadi anak yg sholehah dan menjadi kebanggan ortunya. Makin cantik saja nih kakak.

Buat Papanya Alya juga met milad, ikut mengaminkan doa mama, alya dan Asha.Amin