Thursday, August 16, 2007

Obsesi Siapa ???

(1)Alya 2 th (2)Alya 3 th (3) Alya 4 th

Ketiga foto diatas, modelnya sama saja - Alya Yasminanisa. Kalo jeli, ada yang sesuatu yang aneh dengan sang model. Believe it or not...berat badan sang model dg umur yang berbeda beda tsb hampir sama, yaitu berkisar antara 16 Kg - 17.5 Kg. Perhatikan lengan, badan dan pipinya, semakin bertambah umur semakin tipis.

Suatu hari disebuah ruang praktek DSA.

Sambil sibuk membolak-balik buku catatan kesehatan yg sudah mulai usang, si DSA berkata," Bu...ini berat badan Alya umur 2 tahun 16,5 Kg, sedangkan sekarang Alya sudah umur 4 tahun lebih beratnya juga 16.5 Kg. Ini gak bener bu....dikasih makan gak sih, coba saya pengen tau menu makannya seperti apa??"

"Dikasih makan dong dok.....pagi minum susu 200 ml kadang plus coco crunch/cereal, siang makan nasi paling banyak 4 sdm+ sayur 1 mangkok + lauk pauk 1 potong uk sedang, jam 4 minum jus buah/yogurt, sore menunya hampir sama seperti siang, nanti jam 8 malem minum susu 200 ml, cukup kan dok yang penting protein dan sayuran yang dimakan kan cukup banyak, kalo karbohidrat mah gak perlu banyak-banyak, nanti kegendutan kayak saya, lagian biar aja langsing??"

"Ibu ini gak bener, menu makan seperti itu obsesi siapa?? pasti obsesi ibunya kan?. Anak itu juga perlu kalori bu, bukan hanya protein dan vitamin. Kalo melihat menu makannya, si Alya ini bukan kurang gizi, tapi kurang kalori. Mubadzir protein & vitamin banyak tapi tidak didukung karbohidrat. Ibu ini pemborosan. Kalo terus-terusan begini, lama lama si Alya kuntet, tidak berkembang optimal"

"Bukan dok, bukan obsesi saya. Lha wong memang porsi terbanyak Alya ya segitu itu, kalo ditambah udah gak bisa lagi, perutnya sudah kekenyangan"

"Saya gak percaya, nanti kalo ibu kesini lagi saya mau berat Alya sudah bertambah minimal 1 Kg dari sekarang, porsi makannya ditambah ya bu, trus tolong setiap pagi bapak dan ibunya memberi contoh sarapan ya"

"Waduuuh dokter......PR nya berat banget...ampun deh, ini memang anaknya sendiri yang gak mau makan, bukan saya dok..lagian kan beratnya masih normal sesuai dengan tingginya" (ngeyel.com)

*Note : Konon kabarnya si DSA ini adalah DSA Alya semenjak Alya umur 1 bulan, insyaallah sampai sekarang".

12 comments:

Nia said...

Idem mbak dgn Rayna makin bertambah umur, makin langsing aja...

Alhamdulillah blm di komplain ama dokternya. Ayo, mkn ya byk Alya.

salma said...

Sama juga tuh ma Salma, malah celana² panjang Salma yg dibeli pas umur 5 th msh bisa dipake pe skg jd model 3/4 hihi..

Keknya ga masalah dgn berat segitu asal anaknya tetep aktif..
Bunda berani ya ngeyel ma DSA, ya..iyalah.. yg ngadepin tiap hari sopo hihihi, emang ga pusing apa punya anak yg susah makan. Kita juga kepikiran ya, takut org mikir anak gak diempanin.
Lha aku malah ikutan curhat.
Yaudah Alya mamam yg banyak ya, kali karna makannya sendirian jadi kurang berselera, coba tar kalo dah ada adek mamam bareng adek... ayoo lomba banyak²an.

Ina said...

Ky, anak-anakku juga makin langsing, komentar mertua, anakku kok jadi pada kurus...?
sangkaya gak aku kasih makan..he he he, nasib sekaleee dakuh.

sama aja kan Ky?

mama valisha said...

Emang anak makin besar beratnya tuh gak akan nambah sebanyak waktu bayi dulu, gak papa kok bund...
Alya mending waktu 2 taun beratnya 16.5 kalo valisha umur 2 taun 11 kg... sampe sekarang ihik ihik... porsi makannya gak jauh ma alya
Alya gak keliatan kurus kok, langsing, yang penting sehat ya...

BUNDA KEY said...

Wes lah bun, sama kayak si daka juga ga gemuk2 walau kecil nya gemuk sih :) tapi sekarang baru 5 suap udah bilang kenyang hiks ... sedih sih tapi mau gimana donk ???
yang penting sehat ya bun :) amiin

Bunda Najwa said...

Gemuk bukan berarti sehat....Kurus bukan berarti gak sehat...

Bilang bunda alya...langsing yg penting sehat dan tetep cantik ky bunda najwa he..he.. ;)

lita uditomo said...

kok daku jadi bingung sama komentar dokternya ya ?

Mubadzir protein & vitamin banyak tapi tidak didukung karbohidrat. Ibu ini pemborosan. Kalo terus-terusan begini, lama lama si Alya kuntet, tidak berkembang optimal"

karbohidrat bukannya untuk energi ?
untuk perkembangan otak dan tulang bukannya harus cukup protein, kalsium dan vit D ?

hehe..malah nanya..

Luky said...

@Nia : Rayna tambah langsing jg ya....tp ini berat alya menyamai beratnya sewaktu umur 2 th..pusyiing deh.

@Mbak Ninda : iya sama mbak... kaos alya umur 2 th kepake sampe skrg...pengiritan ..hehe..

@Teh ina : Nasiib nasib...pengennya badannya dempal gitu ya teh...biar enak kalo dicubitin..

@Mama Valish : Iy susah banget ya ngasih maem. Dulu sampai umur 2 th si Alya tak lewekin bubur saring terus..jadi tinggal nelen. Setelah 2 th gak bisa lagi..susyeeeh


@Bunda Key : Kok sama ya bund...1/2 centong nasi tuh ud hebat banget.....iya mudah mudahan mereka sehat. Amin

@Bunda Najwa : Hidup Langsing...Percaya deh Nis, dikau emang cantik en langsing..he.hee

@Mbak Lita : Au tuh mbak..si dokternya emang rada-rada. Mungkin messagenya karbohidrat yang dikonsumsi Alya kurang kali ya....mestinya 50-60% yg dikonsumsi seharusnya berupa karbohidrat. Kayaknya untuk meyakinkan...daku mesti ke ahli gizi kali ya mbak..

lierieh said...

hihi... itu mah dah problem anak2 ya Bun, susah makan. nanti lagi dokternya ajak makn bareng alya biar percaya porsi makan alya tuh keik apa, Bun

yanti said...

Naila juga langsing loh... sekarang beratnya cuma 15 kg. tapi ya dibanding setahun yg lalu, ada kenaikan 2 kg (sajaa.. hahaha..).

kadang sedih juga, kenapaaaa ya cuma emaknya yang tambah gemuk. tapi selama napsu makannya bagus sih aku masih tenang2 aja.

untuk Alya, kalo dia susah makan, kasih cemilan yang tinggi energi aja Ky. roti2an atau biskuit2 gitu, asal jangan terlalu manis aja.

Ninie said...

emang sih mba DSA, klo ngomong ke pasien seenake udele , aku juga pernah digituin waktu Arya umurnya krng dr 1 th ke DSA dlm 1 bln 3 kali dibilang ag dikasih makan lah, inilah pdhl gendut banget bikin bete deh

kita bisa nyuapin 1 entong aja wes ayem seneng deh

Shazma said...

alya ayokk..ayokk..makan biar mama gak diomelin DSA nya lagi..sama dunk mam aku juga diomelin karena gak kontrol makanan unyun huahahahaha....kapok dechhh