Wednesday, July 11, 2007

Horeeee...Alya Mau Makan Pepaya

Lega rasanya sekarang Alya sudah mulai mau makan pepaya.....Memangnya ada apa dengan pepaya? Apakah ada yang salah dengan sang buah yang notabene kaya dengan Vit C, banyak khasiatnya dan murah meriah ini?. Tidak ada yang salah dengan si buah berwarna jingga ini. Yang salah ya maknya si Alya...he.he.he.. Dulu sewaktu Alya masih bayi, saya rajin bikin mix fruit juice, salah satunya pepaya-jeruk, tp karena keseringan gak bisa milih pepaya yang manis, saya frustasi dan memutuskan sejak saat itu hanya membeli buah yang rasanya sudah pasti. Akibatnya sampai saat ini Alya hanya mau mengkonsumsi Buah tertentu yaitu : Apel, Jeruk, Pir, Anggur, Mangga.

Alya termasuk anak yang picky eater. Konon kabarnya, sejak mulai mengenal makanan padat pertama kali, Alya sangat-sangat susah makan. Rata-rata bisa menghabiskan waktu sampai 1 jam , dan bahkan pernah makan sampai ketiduran. Maknya sampai kehabisan akal dan berbagai cara dicoba untuk memecahkan persoalan yang cukup pelik ini. Iya saya terpaksa memberi Alya makan bubur saring karena setiap makan nasi maksimal hanyalah 2-3 suap sendok kecil itupun memakan waktu sampe 1 Jam. Daripada kurang gizi, kuputuskan Alya makan bubur saring, jadi gizinya terjamin, bisa masukin ikan teri sampe ikan salmon, bisa masukin Sayur Brokoli sampe oyong kedalam bubur saringnya, meskipun tetap saja memerlukan waktu 1 jam untuk menghabiskan 1/2 mangkuk kecil.


Sejak usia 2 tahun, Alya mulai menolak makan bubur saring bahkan makan bubur ayam pun dimuntahkan. Otomatis pindah makan ke Nasi + sayur + lauk. Perjuangan dimulai, tidak mudah mengajari Alya makan sayur-sayuran, dan lauk pauk dalam bentuk utuh. Segala cara dicoba, diawal awal makan nasi, Alya setiap hari hanya mau mengkonsumsi Nasi + Sayur Sop yg isinya hanya wortel-kaldu ayam or daging (itupun hanya berapa sendok nasi). Lama-lama kita berhasil juga membuat Alya mau nasi beserta sayur mayur dan lauk-pauknya. Caranya : Kita (saya, bapaknya, mbaknya) mendemonstrasikan didepan dia bahwa makanan tersebut enak banget...gak cukup sekali, mesti berkali-kali akhirnya dia tertarik dan mau mencoba. Pertama cuma dijilat, kedua digigit sedikit trus dilepeh, ketiga digigit dikit trus dikunyah trus dilepeh, keempat digigit-dikunyah- ditelan. Sukses!!!!


Alhamdulillah saat ini Alya sudah lebih mudah mengkonsumsi nasi beserta sayur wortel, bayem, brokoli, kembang Kol, Kol, buncis en labu kecil. Lauknya pun lebih variatif : Segala macem ikan laut maupun tawar, Ayam, daging (masih terbatas daging cincang), Telur, Tahu, Tempe. Tetapi rupanya saya alpa untuk memvariasikan buah-buahan untuk dikonsumsi Alya. Buah-buahannya hanya terbatas ,yaitu tadi Jeruk-Apel-Pir-Anggur en Mangga - kadang pisang. Ditawari makan pepaya - ditolak; jambu- ditolak; semangka-ditolak; manggis-ditolak. Akhirnya saya menyerah.
Hampir seminggu terakhir saya addicted buah Pepaya - Pepaya California tepatnya. Setiap malem sebelum tidur saya mampu menghabiskan 1 buah pepaya utuh dengan sukses.....dan seringkali Alya menemani saya makan buah ini. Karena saking seringnya melihat saya mengkonsumsi pepaya, mungkin tertarik dg warna buah yg seger, jingga dan saya pun makan dengan rakusnya, si Alya terlihat ingin mencicipi tapi takut mencoba. Saya jd inget sewaktu mengajari Alya makan sayur en lauk. Kata kunci : didemonstrasikan dengan menarik. Kemudian mendorong Alya hanya untuk sekedar menjilat, kemudian menggigit dikit trus boleh dilepeh, menggigit dikit trus dikunyah, en then dia mau memasukkan beberapa potong pepaya kedalam mulutnya. Yess...sukses lama terulang kembali. Alya sudah mau makan buah yang kaya Vitamin C, bagus buat pencernaan dan yang pasti murah-meriah. Ternyata pola makan anak terbentuk dari kebiasaan makan orang tuanya.

Jadi, ibu-ibu kalau ada balitanya yang termasuk milih-milih makanan seperti Alya, ada baiknya usaha dulu, segala cara harus dicoba , dan pantang menyerah. Karena semakin mudah melakukan pembelajaran anak sejak dini untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Biasakan anak mengkonsumsi sayur, buah dan makanan padat gizi en vitamin lainnya sejak masih kecil disaat selera makannya masih mudah untuk diperbaiki. Meskipun banyak disukai anak-anak, lebih baik jangan tergoda untuk membiarkan anak untuk mengkonsumsi -makanan junk food, makanan yg kaya MSG, makanan kaya pemanis, makanan yang mengenyangkan dan rendah gizi. Pupuklah kebiasaan makan yang baik sejak dini. Aih..serasa juru kampanye saja.

Note : Maaf, saya bukan ahli gizi dan expert di bidang ini, mohon maaf apabila ada tulisan dalam postingan ini ada yang salah dan mendeskreditkan pihak tertentu . Saya hanya bermaksud untuk sharing pengalaman saya sendiri, mudah-mudahan bisa berguna.

8 comments:

Ninie said...

Duh yg lagi frustasi jng atuh cuma buah2an hehehehe jadi kesimpulannya Alya belum tahu rasa buah pepaya dong, hemmmyummy lho ayo coba2 beli lagi bunda enak lho manis n murmer

Wati said...

Pepaya emang enak.. apalagi klo potongan pepayanya dipotong kecil2 trs dikasih irisan jeruk nipis & gula dikit kemudian ditambah air sedikit aja..didinginkan dikulkas bentar.. baru dinikmati sueger tenan.. bau pepaya yg agak2 aneh gitu jd ilang.. jadinya tinggal enyak..enyak pokoke..hehehe...

oiya, mbak luky.. klo mau donwload lagu cublak2 suweng dkk.. aku td dah upload nih. ksini aja http://raihanassyauqi.multiply.com/music/item/8

yanti said...

Naila cuma mau jeruk, pisang, semangka (suka banget) dan kadang apel.
pepaya? liat pepaya di meja aja tutup hidung. bau katanya :(

Shazma said...

Shazma hanya suka apel, pisang, jeruk, semangka, pepaya gak doyan sama kayak naila bau bundanya juga gak doyan dng alasan yg sama hehe setuju cinta..pola makan anak sesuai orang tua contihnya Shazma gembul seperti ibu bapaknya huahahahaha kkkrriiukkk...hehe

Najwa said...

Alya gak suka pepaya sama tuh mba...kalow jeruk,apel,pisang najwa suka....
Padahal aku dah peraktekin mkn pepaya depan dia sampe habis 1/2 pepaya, tapi lom mau juga....cuma berhasil 1 pepaya setelah itu dilepah deh...thanks yah infonya ;)

salma said...

Wah pinter Alya udah mulai suka buah selain buah yg lain..
emang musti telaten yah ngajarin anak makan..
Salma juga susah banget makan, soal buah apalagi doyannya cuma jeruk ma peer aja.. bisa belajar deh sama mama Alya :)

rani said...

kalau dr yg pernah aku baca untuk 'mengenalkan' anak pada satu jenis makanan perlu di coba sampai 8 kali baru kita bisa bilang dia tidak doyang :D

kecuali kalau memang dia alergik terhadap suatu makanan, tapi kl cuma ogah2an, perlu dicoba 8 kali dulu dengan jarak percobaan 1-2-3 berselang beberapa hari/minggu.

kalau 8 kali tetap tdk doyan barulah kita bisa menyimpulkan anak itu tdk doyan...itu pun masih bisa berubah ketika nanti besar..atau kepepet (sprt saya dulu pas kos, byk makanan yg tidak doyan jadi doyan hahaha)

well done Alya!
well done mamanya Alya!

mama valisha said...

setuju.... jauhin deh segala macem junk food... tapi susah nih kalo lagi kumpul bocah di rumah pasti ikut kebawa2 deh ihik ihik... eh malah curhat hehehe
sama tuh val juga gak doyan pepaya, padahal waktu bayi doyan banget, bosen kali ya