Monday, April 30, 2007

Morning Sickness Kehamilan Ke-1 VS Kehamilan Ke-2

Kehamilan Ke -1
Secara mental belum siap menghadapi kehamilan ini, 6 Minggu dari hari pernikahan saya, saya divonis hamil. The sickness not only happened in the morning, but all day long. Muntah sehari berkisar antara 3-7 x sehari, begitu membuka mata mual sudah terasa sampai dileher dan muntah dengan sukses. Masuk kamar mandi dan mau menggosok gigi - muntah dulu dong..... Begitu juga sepulang dari kantor begitu membuka pintu rumah, saat itu juga tanpa bisa ditahan muntah lagi dengan sukses......catat lho ya..."Tanpa bisa ditahan". Itu ritual setiap hari sampai kehamilan mencapai diatas 4 bulan, belum ditambah muntah yang lain karena mencium sesuatu yang agak menyengat contohnya ya saat didalam bis (coba sambil dibayangin, kalo naek bis Bogor - Grogol, hayuk orang Bogor yang naek Bis tsb bisa bayangin dong, biar bis AC tp ud kayak ikan pindang..ditumpuk-tumpuk, hmm..really smelly). Setelah Bulan ke-4 agak reda, tetapi kadang masih muntah juga. Tapi jangan ditanya , minimal pulang sampai rumah jam 8 malam , masih kuat kerja sampai jam 10 malem...dan paling "crazy" saya keluar dari kantor jam 11.30 Malam sampai bogor jam hampir jam 1 dinihari. Bukan seneng kerja lho ya.....tapi saat itu lagi dikantor sedang ada internal audit. Sempet mengalami flek dan harus bedrest beberapa hari. Gak bisa makan apapun, semuanya terasa ingin dimuntahkan kecuali jeruk mandarin dan mangga harummanis, tapi gak tahan kalo terlalu asem (malah menimbulkan mual). Berat badan sampai kehamilan bulan ke-3, cukup turun 4 Kg. Tapi setelah bulan ke-5, jangan tanya deh berat badan saya...

Kehamilan Ke -2
Secara mental saya lebih siap menghadapi kehamilan saya saat ini. Mual sama aja, sepanjang hari tapi insyaallah muntah masih bisa ditahan, muntah hanya sesekali...sampai kehamilan saya hari ini saya sukses muntah 4 kali. Hanya bisa bertahan sampai jam 7 malem di kantor, melewati jam itu, wah bisa muntah dikantor tuh....Kekantor kadang masih naik Bis (Bogor-Lebakbulus), alhamdulilah ada antarjemput/ nebeng dengan tetangga satu komplek, jadi lumayan agak nyaman. Masih bisa makan dengan agak baik, masih bisa makan daging -dagingan terutama daging merah (i love dendeng batokok) - jangan sampai Ayam Goreng ya.....(denger namanya ud pusing), ikan-ikan jenis tertentu, cumi dan udang masih bisa masuk, buah-buahan terutama Apel Fuji & Pear Hijau Australia, suka banget juice strawberry dan Jeruk Sunkist. Sampai bulan ke-3 ini saya sukses turun 2 Kg (ada kemajuan dibanding kehamilan Ke-1). Trus kemajuan satu lagi, sepulang kantor buka pintu rumah sekarang udah gak muntah lagi, soalnya ada si bintangkecil yang menyambut mama...he.he..he...

Konon dari referensi buku kehamilan yang saya baca, orang yang mempunyai kecenderungan mabuk darat/laut apabila dalam kondisi hamil rata-rata akan mengalami morning sickness yang lumayan parah dibanding orang orang tidak mabuk darat/laut. Weleh pantesan, lha wong dalam keadaan gak hamil aja, kalo ke Bandung lewat Puncak aja sering muntah.

Mohon doa dari teman-teman semua, mudah-mudahan sepanjang kehamilan saya sehat dan lancar. Amin.

14 comments:

Azzah said...

mbak-e persis ama aku tuh, 3 bulan mudun 4kg, dengan sukses, stlh itu ? bener..jangan tanya :), eh gak ding, bisa aku kontrol sampe 15kg aja naeknya, itupun cman turun 7kg mpe skarang hihihihi. dinikmati wae nggih mbak (hayaaaa yok opo carane yo mbak :) )

mutia and rayga said...

sabar yah jengk..gitu lah kalo hamil muda. Aku dulu pas nikeh lagi mens, bulan berikutnya gak mens lagi, langsung isi...punya pembantu baru bulan ke 8, tiap hari suntuk mulu pulang kerja harus ngerjain kerjaan Rumah tangga....enjoy aja yah jengk..

Anonymous said...

Yang sabar yah mamah....kalow sabar dede dlm perut ntar juga lebih sabar ko...kadang hamilitu buat kita jd suges...kalow lg gak mau mkn nasi ada roti...kalow lg gak mau minum susu hamil..minum susu ultra...gak apa...pokonya jdkan hamil kita menyenangkan dan selalu berfikir positif...ok..
Ups maaf gak ada maksut tu ngajarin...krn aku juga lom pengalam ky mba...ntar bagi aku ilmu klow aku ntar ky mba ok

Anonymous said...

Sabar ya Mba...dalam mengahadapi masa-masa sulit ini....
tapi aku salut sama Mba..masih bisa aktif dan masih sanggup naik bis dalam keadaan mual2 begitu....
big HUGS for you.....

Nia said...

Mbak, ternyata qta senasib niy. Dulu pas hamil Rayna, Nia jg morning sickness yg parah. Ampe 2 kali disuntik ama dokter biar ga munmun. Ga ngaruh booo.. Teteup aja munmun.

Mudah2an morning sicknessnya cepet berlalu ya mbak :)

Ni'am said...

hooo...moga-moga aja aku udah bener-bener stop nih sickness nya.

skarang malah rada susah makan. maunya yang anget mulu. goreng tempe, rada dingin dikit, udah deh ogah.

Anonymous said...

selamat ya, telat banget br tahu Alya akan punya adik :)

untuk menghibur: kehamilan Kirana, saya morning, afternoon and evening sicknes selama 9 bulan, Yes! selama kehamilan!
tapi semua itu, worth it banget..banget..banget :D

sabar ya Bu, nikmati saja, begitu dulu mantra saya...

ps. belum bisa byk cerita, masih jetleg *baca: biasa di indonesia byk yg bantuin, kini kembali apa-apa sendiri*

salma said...

Yg penting jaga kesehatan n ga stress kali ya Bu, biar si dd juga ga merasa 'ngerepotin' Bundanya :).

Oya keknya lom jwb pertanyaanku ya Bu, bulan keberapa nih?, atau aku ya yg kelewat bacanya :D

ratnaningsih said...

pasti berlalu, jadi walaupun gak enak nikmatitin dulu aja mba.

Moga diberi kuat dan dimudahkan Allah SWT.

mamoy said...

Enjoy aja mba...... jadiin hamil itu pengalaman yang paling nyenengin... mudah2an dikasih kekuatan ya..

Lita Uditomo said...

eh, baru tau lho kalo orang yg suka mabuk darat pas hamil bisa mengalami 'morning sickness' yg lumayan parah dibanding yg ngga mabuk darat...

aku dulu juga suka mabuk kl perjalanan naik mobil, trus dikasih tau suami ( dl masih pacar ) utk konsentrasi liat jalan dg kepala ngikutin belak beloknya mobil...eh, bener, sampe skrg jarang mabuk lagi..:)

selamat menikmati 'morning sickness' ya, ma..hamil tanpa mabuk, spt sayur tanpa garam...hehe..

Anonymous said...

oya? kayaqnya apa kata buku kehamilan itu ga berlaku bagi saya...:))

saya termasuk tipe yg suka mabuk klu jalan jauh, duluuu...tp pas hamil tidak ada MS sm sekali...dan sekarang, perjalanan dijabanin, mau mabuk jg ga kepikir krn ngurusin si bungsu :))

amin, mudah-2an lancar ya...

-rien-
http://rhandry.blogspot.com

bundAzkaFaqih said...

waahh..smg munmunnya cpt berlalu yaaa...dulu sama aku jg gitu,baru bnr2 pulih pas 5 bulan:)

SE said...

mbak luky kok bisa yah hamil BB turun begitu ckckckck..klo aku mah naik terus pantang mundur hikkss..meskipun ada muntah jg memang gak sesering dikau siy ;-), say dikantin kantorku ada dendeng batokok yg enak lhoo lunch disini yukzz...klo ke sojong udh pasti beli jus strawberry dunk??