Tuesday, March 27, 2007

"Serba Kebetulan"

Saya mempunyai pengalaman yang unik dengan "serba kebetulan" ini. "Serba Kebetulan" yang berhubungan dengan Alya. Serba kebetulan saat mama mengandung dan melahirkan Alya . Dulu saya tidak terlalu menganggap ini istimewa, tetapi lama-lama saya merasa " kayaknya ini sudah ke sekian kali mengalami hal ini".
Dimulai sejak saya mengandung Alya, usia kandungan saya saat itu sekitar 7 1/2 dan setiap minggu saya rajin senam hamil. Kebetulan yang jadwalnya hari minggu hanya di RS Soekojo di Bogor, jadi meskipun RS tempat calon saya melahirkan waktu itu di RSB Melania - Bogor, tapi tiap jam 8 pagi saya rajin ikut senam hamil di sini. Peserta senam hamil cukup banyak ada sekitar 30 an lebih setiap sessionnya. Tentunya diantara ibu-ibu hamil itu saling bertukarcerita seputar kehamilan selama session tersebut, meskipun tidak sampai saling bertukar telepon ria. Nah ternyata setelah beberapa kali ikut, tak dinyana saya "kebetulan" bertemu dengan salah satu ex temen baikku yang sudah tidak pernah ketemu hampir 8 tahun dan dalam keadaan hamil dan ikut senam pula disitu. Sayang sejak hamil sampai saat ini beliaunya sudah pindah keluar pulau dan saya kehilangan kontak.

Kemudian pada saat melahirkan di RSB Melania, di ruang bersalin saya bersebelahan dengan seorang ibu yang juga sedang berjuang melahirkan. Entah saking sakitnya, saya tidak ingat lagi kapan ibu itu meninggalkan ruang bersalin aka sudah melahirkan. Yang pasti pada saat kelas memandikan bayi, saya sempat mengobrol dengan ibu tersebut (sayang saya lupa nama ibu itu, putri kecilnya diberi nama Hana). Tak dinyana setelah 8 bulan kemudian saya lagi memeriksakan kesehatan Alya di salah seorang bidan, kita "kebetulan" bertemu lagi dengan Hana & Mamanya. Alya & Hana umurnya sama persis, waktu kelahirannya hanya berbeda sekitar 3 Jam. Surprised kita bertemu lagi di Bidan yang sama. Sayang saya kehilangan kontak dengan mamanya Hana ini.


2 Tahun yang lalu pada saat kami menempati rumah sendiri, pada saat acara 17 Agustusan tiba tiba ada seorang ibu yang ngajak ngobrol,
Mama Syafa : "Ini mamanya Alya ya?, saya mamanya Syafa. Alya umur berapa sih kok kayaknya bongsor?."
Mama Alya : " 2 th 5 bl mam, iya anaknya agak kegemukan".
Mama Syafa : " Lho sama dong, Syafa juga lho, Syafa tanggal 29 Maret, Alya tanggal berapa?"
Mama Alya : " Lho Alya juga tanggal 29 Maret mam?".
Trus kita tertawa-tawa, wah ternyata lahirnya barengan ya? nanti kalo ulang tahun barengan aja.
Mama Alya : "Dulu melahirkan dimana?" tanya saya.
Mama Syafa : "di RS Melania"

What's..?? Subhanallah. Alya dan Syafa "kebetulan " dilahirkan dihari yang sama dan dirumah sakit yang sama dan dengan dokter yang sama. Alya dan Syafa hanya berbeda 3 Jam, dan sekarang rumah kita hanya dipisahkan oleh beberapa rumah. Dan setelah 2.5 tahun kemudian Alya & Syafa, atas kehendak Allah SWT dipertemukan kembali. Subhanallah.

Dan yang memaksa saya menceritakan serba "kebetulan" yang lucu lagi adalah , beberapa hari yang lalu saat saya menghadiri konseling disekolah Alya seputar perkembangan Alya. Saat keluar dari ruang konseling, saya agak kaget, saat berpapasan dg seorang ibu yang wajahnya terasa akrab buat saya (sambil mencoba mengingat-ingat, pernah ketemu dimana ya???). Tapi karena tidak kenal, ya berlalu begitu saja. Dihalaman sekolah saya sempat ngobrol dengan mamanya mas Rama (temen sekelas Alya), tiba tiba si Ibu yang wajahnya terasa akrab dimata saya juga sedang berjalan kearah kami dan kami berdua dikenalkan oleh mama mas Rama. Ternyata beliau adalah mama Firza , temen sekelas Alya. Firza adalah temen sekelas Alya tetapi hubungan mereka tidak akur. Firza "cowok banget" terlalu powerful dan suka nge-sun cewek-cewek imut. Bahkan salah satu temen Alya yang lain pernah sampai nangis karena mas Firza ini. Ya maklum lah namanya anak-anak, mungkin belum ngerti.
Mama Alya :"Kayaknya saya familiar deh ama mama Firza".
Mama Firza :" Oya...pernah ketemu dimana ya kita?"
Mama Alya :"Dulu pas hamil mas Firza, pernah ikut senam hamil di Soekojo gak?"
Mama Firza :" Iya betul.....betul banget mam."
Mama Alya :" Weleh...berarti kita dulu temen selama senam hamil...."
Ha..ha.ha.. sekali lagi suatu "kebetulan" yang aneh sekali , akhirnya kita bernostalgia seputar senam hamil 4 tahun yang lalu. Jadi Firza dan Alya "kebetulan" sudah berteman sejak dalam perut mamanya masing masing, sekolah di tempat yang sama dan satu kelas pula. Firza lahir tanggal 12 Maret dan Alya lahir tanggal 29 Maret. Dan atas kehendak Allah , mama baru mengetahui bahwa Firza yang seringkali diceritakan Alya adalah putra dari teman senam hamil mama setelah 4 tahun kemudian. Subhanallah.

Hmmm......Kira-kira kita akan ketemu dengan siapa lagi ya Alya?? . Wallahualam. Hanya Allah Maha Besar yang Maha Mengetahui.

12 comments:

Gege said...

Wahhh..indah banget yah kayaknya..bisa banyak kebetula gitu..

Mbak, ntar kalo diriku dah netep di Bogor kembali, aku minta2 tolongnya sama mbak loh yah? Kali2 aja bisa tetanggaan hihihi...Bogornya dimana seh mbak?

Nia said...

Subhanallah, kebetulan yg menyenangkan ya mbak sekaligus menyambung silaturahmi yg sempat terputus :)

aaz-nawfal-dikhi said...

Wow,indahnya..rahasia Allah tidak ada yang tahu yaa..
Firza ama alya jadi gak musuhan lagi dong

Anonymous said...

mom, tidak ada yg kebetulan sebenarnya:)...saya juga baru sadar sekitar thn lalu, dlm pelatihan...subhanallah, saya sampe nangis bhw ga ada kata-2 itu...

belum sy posting nih konsep kebetulan ini:)

kangen:)
-rien-

bundanya i-an said...

wah senengnya dapet kebetulan.. ternyata Allah memberikan kenangan indah untuk kebetulan ini yah

Bunda Key said...

ALya ultah nya bisa deketan ya sama daka, daka tgl 31 maret ... kebetulan ga' hehhehe .... :D

yanti said...

takdir Allah ya, bisa ketemu lagi :).

salma said...

hallo de Alya.. numpang mampir nih

Wiet said...

Kadang2 qta sering dhadapkan pada hal yang serba kebetulan itu Jeng :)

Ninie said...

Subhanallah ya mbak duh denger ceritanya ikut seneng keik aku ma Arya juga kebetulan sama dg temen blogger hehhe sory mba ikut komen di sB eror sih, salam kenal

Ina said...

Jangan-jangan kita juga pernah ketemuan ya ki..?
secara aku besar di Bogor...he he he, mungkin gak ya..?
ya kalau ga dimasa lalu, siapa tau bisa ketemuan dimasa yang akan datang ya Ki, pas aku liburan gitu...

angin-berbisik said...

mbak, i miss u and alya :)