Wednesday, October 8, 2008

Keceriaan itu adalah..............


Kegiatan bintangkecil selama ramadhan dan lebaran kemaren betul betul bikin mama seneng, Alya sudah rajin belajar puasa sampai dzuhur, rajin ikut sahur, rajin ikutan sholat. Trus sebelum lebaran Bintangkecil dengan bersemangat dalam 2 minggu berturut turu ikut mama dan sahabat-sahabat mama mengunjung panti Asuhan Balita Tunas Bangsa di Cipayung dan Panti asuhan Daarusholihat di Bogor dan Panti Asuhan Yatim Piatu Cijahe di Bogor.
Hikmah lebaran kali ini, Alya belajar banyak hal. Belajar menyayangi orang lain tanpa memandang latar belakangnya, belajar peduli dan berempati dan menyayangi anak-anak yatim piatu. Dan juga belajar mandiri.
Saya jg agak kaget sewaktu mendapati bahwa ternyata Alya jauh lebih mandiri dari yang saya kira. Setiap pagi Alya hanya minta dibantu untuk dituangkan air panas di ember mandinya. Sebelumnya dia sudah menyiapakan pakaian gantinya, handuk mandi dan peralatan lainnya. Kemudian gosok gigi sendiri dan mandi. Setelahnya Alya memakai baju sendiri dan mengoleskan body lotion switzalnya ke tangan dan kakinya, dan yang membuat mama senyum senyum sendiri, setelah itu akan memanjat kursi supaya bisa wajahnya bisa menghadap kaca rias, kemudian dia akan mengoleskan johnson baby lotion ke wajahnya, setelah itu memoleskan bedak tipis tipis, kemudian meraih sisirnya dan menyisir rambutnya kearah belakang dan kemudian membelah 2 dan menyisir poninya kadang kesamping kadang ke depan. Setelahnya dia akan selalu menyisipkan bando kesayangannya dirambutnya dan menciprat-cipratkan cologne milik dia ke baju - supaya wangi katanya.
Duh aduh...lucu aja liat Alya bersolek sendiri.
Kemudian dia akan makan pagi sendiri, dan kadang minta ijin untuk bermain sepeda, mengeluarkan sepedanya. Trus sepulang dari main langsung cuci tangan dan kakinya dan membantu mama jagain adek. Siang-siang hobby barunya adalah tulis menulis surat dan membaca buku cerita , kadang membacakan cerita buat Asha juga. Ah iya....kemampuan membaca Alya sekarang sudah makin terasah. Buktinya sekarang kl baca cerita Alya , intonasi bacanya sudah pas banget. Ah jadi terharu , perasaan saya tidak secara khusus mengajari Alya untuk membaca ini - saya hanya menyediakan medianya saja dan memotivasi. Alhamdulillah Alya bisa mempelajari sendiri hal ini.
Setelah bermain , tanpa diminta Alya membereskan mainannya sendiri sampe rapi. Big surprised for me. Dengan seabreg tanggung jawab barunya tersebut malah membuat Alya lebih ceria ...............Ah lebaran membawa keceriaan tersendiri buat Alya

8 comments:

cat excavator said...

haha.

loader for sale said...

thats amazing story.

mama arya said...

smile ....

BuNd4 N4jW4 said...

Bacanya ikut terharu dan bangga sama kk alya.....ajarin de najwa donk kk biar bisa mandiri ky kk alya nih....muahhhhhhhh :)

Luky Ekowati said...

Santai aja bun...najwa kan masih kecil..secara alya sekarang umurnya sudah 5.5 th mosok lom mandiri juga..hehhee

lierieh said...

wah hebat Kaka alya dah tambah pinter ya........ nyontohin ma adeknya ya

David Panther said...

salam kenal kak alya, ini Jemma ... salam kenal sama bunda juga .

superior said...

You these things, I have read twice, for me, this is a relatively rare phenomenon!
handmade jewelry