Friday, June 20, 2008

Akhirussanah

Awal Juni kemaren sekolahnya Alya mengadakan acara akhirussanah - tanda berakhirnya tahun ajaran. Alhamdulillah Alya sekarang udah naik kelas ke TK B.
Bunyi summary report dari bu guru yang bikin seneng mama adalah " perkembangan logika matematika Alya sangat menonjol", sebetulnya masih ada kelanjutannya. Jangan pernah berfikiran kami menyuruh kursus Kumon/mental aritmatika maupun sempoa untuk alya, lha wong ikut kursus bahasa inggris yang notabene dia suka saja tidak bertahan lebih dari 2 bulan. Alasannya sepele : temennya sedikit, pendiem dan maennya gak seru.


Alya jauh dari tipe anak penurut, rajin , tekun belajar apalagi telaten. Kebalikan dari semua itu Alya sangat menikmati berbagai kegiatan yang sifatnya mobile dan banyak menggunakan motorik kasar. Lari-larian, lompat-lompat, maen sepeda, kejar-kejaran, petak umpet, maen perosotan , maen ayunan adalah kegemaran Alya saat ini, gak heran kalo hanya dalam waktu 1/2 jam dari roda sepeda bantuan dicopot Alya langsung menguasai sepeda roda duanya dengan stabil, minus jatuh parah.


Yah...kalo boleh kilas balik, sejak bayi kemampuan motorik kasar alya memang berkembang pesat , umur 2- 3 bulan sudah bisa didudukkan dengan tegak, umur 4 bulan sudah bisa duduk sendiri, umur 5 bulan sudah mulai merangkak, umur 7 bulan sudah belajar jalan, umur 10 bulan alya sudah sukses melangkah sendiri tanpa bantuan. Berbeda sekali dengan kemampuan komunikasinya. Umur 9 bulan baru mulai bubbling dan lancar bicara pada saat umur 2 tahun.


Dengan latar belakang seperti itu, Alya tumbuh jadi anak yang sangat energic. Jarang rasanya melihat alya duduk diam , manis tanpa klimis dengan keringat. Menari-nari, berputar-putar, mencoret-coret tembok pintu meja kursi, menempel segala macaem sticker dan gambar dan ngubek seluruh rumah adalah gaya bermain yang paling disenangi alya saat dikurung dirumah. Tidur siang?? kalau boleh diskip...diskip deh tidur siangnya. Setelah mandi sore pun jangan harap menemui alya yang wangi dan rapi jali, yang ada di sore hari mostly pengasuh alya akan membersihkan alya , lebih tepatnya memandikan Alya lagi dan dipastikan ganti baju lagi.


Apalagi sejak bisa bersepeda roda 2, tiap sore apabila cuaca cerah dikantor saya selalu mendapatkan pesan singkat dan kadangkala panggilan telepon, siapa lagi kalo bukan dari handphone alya. Yap isi sms nya selalu sama disetiap sore , "mamah hari ini cerah, aku boleh naek sepeda gak??"



Jadi meskipun gaya mendidik saya agak protektif pun, rupanya hanya sedikit berpengaruh terhadap alya. No wonder kalau dg gagah berani dan cengiran khasnya dia sangat menikmati flying fox, meniti bambu dg ketinggian sekitar 2 meter dari atas tanah , dan bahkan dicemplungin ke dalam lumpur pun menjadi hal yang menyenangkan buat Alya, intinya dia menyukai segala bentuk kegiatan outdoor dan kegiatan outbond. Hmmm rupanya jiwa petualang papanya kental sekali menular dalam diri Alya. Ah iya jadi ingat, Alya pernah kami ajak mendaki lereng Gn. Salak saat belum berumur 3 tahun. Apa expressinya saat itu..?? Kecapekan kah? rewelkah?/ No way.


Dengan seabreg kesenangannya dg body kinetis sangat berpengaruh terhadap gaya belajar Alya. Jangan harap Alya akan duduk diam dengan manis belajar membaca or berhitung seperti layaknya anak perempuan. Awalnya sempat khawatir, bagaimana Alya nanti bisa mempelajari sesuatu disekolah seperti membaca , berhitung , belajar iqro, dsb?? Bahkan dg style nya ini Alya sempat divonis mengalami gangguan konsentrasi oleh bu gurunya. O..no ..no ..no. Ini karena bu guru aja yang agak kaget melihat style alya yang cenderung susah diam.


Untunglah saya dan papanya alya cepat menganalisa karakter Alya ini dengan pikiran lebih waras, at least percobaan kami ini lebih baik hasilnya dibanding kami mem"push" alya untuk belajar. Alya ini termasuk anak yang tidak suka terlalu diatur dan dipaksa, tetapi dia sangat mudah menyerap hal baru. Kita gunakan kelemahan sekaligus kekuatan Alya ini. Gimana caranya ?? Kita memanfaatkan kesenangannya terhadap kegiatan bermainnya dan rasa keingintahuannya yang besar sebagai media untuk menjelaskan sesuatu dan memotivasinya. Mudah sekali bukan?.


Terus terang dengan metoda belajar ini, seringkali kami mendapati kejutan yang menyenangkan dari perkembangan logika alya termasuk kemampuan akademis. Tanpa paksaan, tekanan dari kami , alya bisa mengimbangi dan menyerap pengetahuan degnan lebih mudah, lebih baik dan yang pasti menjadi lebih menyenangkan.


Meskipun masih jauh dari kata sempurna paling tidak di akhir tahun ajaran ini Alya sudah mampu memahami penjumlahan , pengurangan dan bahkan perkalian dengan baik, menjadi asisten guru untuk mengajari temannya yang belum bisa membaca bersama kedua teman lainnya yang sudah mahir membaca juga. Eit alya juga sering keluar kelas lebih dulu karena berhasil menjawab pertanyaan matematika dari bu guru lho....


Ah jadi ingat, saya mampu membaca di usia 5 tahun dengan penuh isak tangis dan rasa takut luar biasa- dipaksa untuk belajar membaca dan sekaligus tersiksa dengan matematika. Meskipun akhirnya di penghujung SD tiba tiba saya menjadi maniak dengan matematika dan berteman akrab dengan ilmu yang buat saya apabila sedang berkutat dengannya rasanya seperti bermain detektif-detektifan. Dengan berbekal pengalaman masa kecil yang kurang menyenangkan tersebut saya berprinsip, apalah gunanya anak kita jago dibidang akademis karena terpaksa dan anak kita tidak bahagia? dan menurut saya , ada cara yang lebih menyenangkan untuk mengenalkan suatu ilmu ke anak.

Diluar itu semua , menurut kami prestasi tertinggi yang membanggakan buat kami yang saya harap bisa dicapai Alya adalah keimanan dan ketakwaan yang tingg terhadap Allah SWT Amien.
Ah iya...foto ini adalah cuplikan acara akhirussanah TK Al Azhar 27 Cibinong. Alya & the group mengisi acara menyanyi. Lagu yg dibawain saat itu adalah lagu Doa & Bunda Piara. Lucu, bangga sekaligus mengharukan melihat spirit anak-anak itu untuk tampil bagus diacara tersebut.
Terimakasih ya para ibu guru semua yang telah membimbing, mengajar dan mendidik Alya baik pendidikan akhlak maupun akademis selama disekolah. Especially buat Ibu Putri dan Ibu Tutik yang telah membimbing Alya dikelasnya. Semoga Allah memabalas kebaikan ibu guru.
Selamat naik kelas ke TK B ya kak...we proud of you our lil star...........


Foto 1. Gladi resik - tuh kan anak-anak itu hebat banget - bersemangat banget belajar nyanyinya



Foto 2. Alya setelah didandanin mama- maaf ya alya hasilnya jauh dari maksimal, secara mama gak pernah bermake up ria.




Foto 3. Inilah penampilan anak TK A


Foto 4. Sampe rumah mejeng-jeng dulu taiye



Foto 5. Ah jadi pengen Gendong Adek Asha .....eh adeknya gak mau digendong..


Foto 6. Mejeng lagi ah.....................




10 comments:

mama arya said...

wah aku pratamax xixixixi....


Jeng koyoe Alya tingkahe mirip banget arya deh yen di baca dr tulisan sampean, sukanya pecicilan gitu bhs jawaku lho ya ...


tapi semoga dengan tambahnya usia semoga anak2 akan menyesuaikan dengan keadaannya, sama2 share ya jeng.


@ Alya : selamat ya sayang semoga nanti di TK-B bisa mendapatkan nilai yg memuaskan dan mendapatkan sekolah yg bagus pula amien...

Azzah said...

kak alya persis deh ma nawfal :D
mbak tak critik yo, makep up-e ketebelen dikiiit , tpi gpp tetep ayu kok . ya kan al?

Mommy Alya Asha said...

@Ninie : He-eh ni...anakku wedok ning pecicilan.

@Azzah : Hi.hi.hi..iya ya Az?? makeupnya terlalu tebel ya? Waduh maklum niy gak pernah pake make up. Eyeshadownya mestinya agak tipis ya Az...suwun lho ya..jadi kursus make up online ni critanya.

Vina Revi said...

Libur telah tiba! Libur telah tiba! duh, senengnya ...

Vina Revi said...

btw, Asha makin cantik, ya? Dan kakak Alya juga makin pinter ngejagain adeknya ... :)

Bundakey said...

Wah hebat banget deh Alya :) udah bisa naek sepeda roda 2 udah bisa sms an juga lagi ... keren dehh :)

BuNd4 N4jW4 said...

Wat kk alya selamat yah sayang udah naik ke TK B..Moga Nanti bisa lebih baik lagi dlm segala bidang....

Wat mama walow tebel makeupnya tapi tetep ok dan selamat juga wat mama yg udah kerja keras slm ini ajarin kk alya dan asi exlusif wat dede asha

deph said...

haluu mbak, duh maap br mampir lagi..

btw selamat ya Kak Alya udah naik kelas.. skrg berarti liburan ya?? horeeee hidup liburan, huhuhuhu, t'deph jg pgn liburan..

ihh Asha makin lucu ya.. selamat jg buat Asha yg udh lulus AsiX ya.. smoga Asha-ku jg bisa segera nyusul.. hmm skrg Asha udh 4,5 bln tp badannya montok tuh kayak ayahnya.. beratnya udh 6kilo..hihihi

sun sayang buat kak Alya dan Asha ya..

mama valisha said...

selamat ya kaka alya...
seru ya bund liat karakter anak kita, kitanya bisa belajar banyak...
mudah2an aku bisa gitu ngajarin valisha... Adek asha & kaka cantik2 deh

maggie said...

wah.. gak krasa ya mbak tau2 dah pada gede anaknya.. hehe, brapa lama gak ketemuan??? ntar tau2 dah mantu aja...hahaha