Tuesday, May 29, 2007

Bukan Basa-Basi

Beberapa hari ini, udara di Bogor terasa agak panas. Jadi akhir-akhir ini saya paling demen menikmati udara malem hari diteras depan. Kok teras depan sih?? iya untuk bisa merasakan semilir angin saya hanya bisa memanfaatkan teras depan rumah , karena saking mungilnya rumah saya tidak punya beranda samping ataupun teras belakang. Begitu pula tadi malam, saya leyeh-leyeh diteras depan ditemani celoteh riang Alya yang sibuk menceritakan pengalaman dia hari ini , sementara suami lagi sibuk nyiremin bunga-bunga yang seharian kehausan belum kesentuh Air.

Tak berapa lama kemudian , terlihat Om en tante sebelah rumah dateng, sepulang kerja. Om en Tante Johan, nama itu yang akrab kami sapa. Setelah saling bersapa ria, Tante Johan berkata sambil merogoh kantung belanjaannya, " oiya...ini ada nih kue buat Alya, tadi tante mampir ke Toko kue trus inget Alya". Secara otomatis mama menyahut, " Ah tidak usah repot-repot tante, gak usah tante, Alya udah kenyang. Terimakasih".
Tanpa diduga Alya dengan bersungut-sungut berteriak kencang, " Ih...mama kenapa sih, kan aku mau kuenya". Duh, mama malu banget, sementara si Tante Johan hanya tersenyum-senyum sambil memanggil Alya dan mengulurkan kue untuk Alya sambil berkata , " Ah gak papa kok bu, ini memang buat Alya kok". Terimakasih ya Tante. Reaksi Alya sungguh tidak saya duga dan tanpa basa-basi, sungguh suatu reaksi spontan yang keluar dari keinginan Alya, dan sempat membuat wajah mama bersemu merah menahan malu.

Iya...satu hal yang selama ini saya tidak menyadari, saya belum pernah mengajari Alya untuk berbasi-basi. Eh tapi ngomong-ngomong kalau toh saya ajari sekarang apakah si 4 tahun akan mengerti arti dari basa-basi, kalau tidak sekarang kapan waktu yang tepat mengenalkan basa-basi ini? . Trus kira-kira manfaat apa yang bisa dipetik dari pelajaran "basa-basi" ini ya? Apakah basa-basi berkorelasi positip dengan sopan santun buat anak-anak?

20 comments:

neli said...

aku dari dulu ga kenal yg namanya basa-basi mba, karena papa orgnya lurus2 aja.. tapi aku malah beruntung karena gak kenal basa-basi.. apa yg aku gak suka bisa langsung ke ungkap hehe...

bundanya i-an said...

wah alya meni jujur pisan... tapi karena alya jujur kuenya jadi bener2 buat alya kan he..he...

valisha said...

masih kecil lagi mba... blom kenal basa basi...lagian kadang basa basi bikin basi hehhe

Sary said...

Kadang-kadang terlalu basa-basi membuat kita jadi "sedikit" gak jujur. Mungkin baiknya tetap mengajarkan anak sopan santun tanpa harus berbasa-basi. Caranya..?? Aku sendiri masih mencari formula yang tepat..

Gege said...

iya..kadang juga suka mikir..perlu ngga sih kita itu basa basi..?

salma said...

Anak² selalu jujur.. basa basi belom perlu apalagi untuk hal² kecil...
Kalau sopan santun memang harus diajarkan, tapi menerima kue pemberian orang bukankah nggak sopan jika menolak?
Jadi sopan santun dan basa-basi jelas beda, basa basi bisa berkonotasi 'membohongi', kalau sopan santun adalah kejujuran.

najwa said...

Biarkan mengalir dengan sendirinya........ :)
Yg penting sopan santun dan jujur :D

Wiet said...

Berarti Alya emang gak suka basa-basi jeng, cinta kejujuran....

btw makasih doanya ya, alhamdulillah hr ini Darrell diijinkan pulang sama dokternya.. amin

Nia said...

Hm, kadang2 klo basa basi jd malah repot :) Langsung aja mbak biar lebih plong...

Anonymous said...

basa-basi ntar dikira gengsian pisan :))

caranya yg sopan mungkin begini; "Wah, ante ini buat Alya? repot sekali, terimakasih ya ante, ante baik sekali" klop, ga basi, dan jujur

anak-2 itu polos, klu diajarin basa-badi mrk kebykan menganggap kita ngajarin bo'ong

jd let it flow ajah *apa yeuh artina*, pokoe, ajarkan saja berterimakasih yg baik, mgkn sambil mencium tangan si ante,...

jgn memerah lagi pipinya ya mom ;)

-rien-
http://rhandry.blogspot.com

Mamah 'Little Aras' said...

hhehehe besuk2 kalo gede pasti ngerti basa basa mbak :), ya kan alya ?

yanti said...

setuju sama yang lain2.. aku malah cenderung untuk ngajarin ga berbasa basi. kalo suka, ambil dan bilang terima kasih. atau kalo nggak boleh, ya aku bilang nggak usah karena blablabla :D

Vivi Schlueter said...

thanks say buat atensinya...aku sabar kok kapan di pertemukan kembali sm mama angkat....happy long weekend yah...

Ina said...

itulah anak kecil, pan masih polos Ky, kalau emang dia mau ya udah...entar juga bisa kok ..tenang aja

nuke said...

anak2 belum mengenal basa basi mba...mereka jujur sesuai kata hatinya....
ayo mba chat di ym.id ku eya_syifa@yahoo.co.id

angin-berbisik said...

ughhh aku suka kepolosan anak2 yg kadang2 suka buat pipi orangtua blushing karena malu, hehehe..muach2 utk alyaaa

keluarganugraha said...

hehee, baru baca soal ini ky.. kalow aku, mungkin bukan mengajarkan berbasa-basi soal trima kue kali yah.. kalow itu sih, tinggal bilang 'makasih ajah' dan trima itu kue..

yang bikin masalah, anak-anak kan suka polos..

kadang kalow mereka gag suka sesuatu ya akan langsung bilang, nah ini yang kita harus latih, gimana menyampekan rasa gag sukanya itu supaya jangan nyakitin hati orang laen... :)

gimanaa perutmu? dah tambah gede donkdeh yah... :)

Mutia&Rayga said...

iya kadang basa basi ada bagus and enggaknya..yo wis lah mbak gak usah diajarin basa basi dulu, ntar juga dah gede dah ngerti ndiri..btw gak ada SB nya yah..mbok pake SB gitu loh jadi bisa chit chat

Anonymous said...

ich beglГјckwГјnsche, Ihr Gedanke ist sehr gut levitra levitra online [url=http//t7-isis.org]cialis online[/url]

Anonymous said...

Este topic es simplemente incomparable:), me gusta mucho. http://nuevascarreras.com/tag/cialis-generico/ cialis 20 mg efectos secundarios Bravo, le sue parole semplicemente perfetta [url=http://nuevascarreras.com/tag/cialis/ ]cialis 20 mg [/url]