Wednesday, March 14, 2007

Negosiasi Ala Alya

Kali ini pengen cerita tentang kebiasaan Alya yang agak menonjol akhir-akhir ini. Yaitu mengenai kemampuan Alya untuk bernegosiasi dalam menyampaikan keinginannya terutama yang bertentangan dengan aturan mama. Berikut ada beberapa cerita tentang Alya :

Cerita I
Alya tahu betul bahwa mama melarangnya makan snack sesaat setelah makan siang, sementara kadangkala dia kepingin untuk makan snack dan peraturan ini sangat dipatuhi oleh pengasuh Alya. Suatu saat sehabis makan siang
Alya : (dengan muka manis , mendekati si mbak) Mbak ....mbak tanya sama aku dong
si Mbak : (dg muka bingung...) tanya apa Alya?
Alya : Mbak..tanya "Alya...mau apa lagi sekarang"?? gitu....
si Mbak : (masih dg terheran-heran) Alya mau apa ?
Alya : " Apa ya?...duh di kulkas ada apa ya...?(sambil buka kulkas)/ itu tu apa ya..itu tu yang dipinggir itu apa ya??
si Mbak : " ooo itu yogurt "
Alya ; "Kayaknya itu enak ya mbak....?"
si Mbak : "iya emang enak..emang kenapa??"
Alya : " Kalo gitu aku mau dong mbak..."
si Mbak : " oalah Alya......bilang aja dr td mau yogurt...pake malu-malu bilangnya"
Terpaksa si Mbak mengikuti kemauan Alya , wah ternyata si mBak tidak berdaya oleh rayuan Alya (dan rela ditegur mama) ...Alya tau betul seandainya dia menyampaikan langsung permintaannya tidak akan dikabulkan...si Mbak dijebak terlebih dahulu dengan kata-kata Alya yang lemah lembut...hmm a smart way.

Cerita II
Sejak dini Alya sudah kuperkenalkan dengan buku bacaan, alhasil sekarang sebelum tidur kita dibuat kewalahan untuk membacakan cerita sebelum tidur. Kalau 1 buku cerita sebelum tidur masih wajar, tp kalo diikutin bisa-bisa kita bisa baca 3-4 buku cerita sebelum tidur, waduh tersiksa sekali. Akhirnya sebelum masuk kekamar, saya selalu mengingatkan bahwa dia hanya boleh bawa 1 buku bacaan ke tempat tidur.
Alya : " Ma...bacain buku ini ma..." (terlihat hanya ada 1 buku yang dipegang Alya)
Mama : "Satu aja ya kak...mama udah ngantuk banget.."
Alya : " Iya satu...nih liat aja cuma 1"
Begitu saya menyelesaikan halaman terakhir....ternyata dia mengambil 1 buku lagi dari balik bantalnya dan menyerahkan kepada saya..sambil tersenyum dan berkata
Alya : " Ini satu lagi ya mah...."
Mama : " Lho katanya cuma 1 buku...kenapa jadi banyak (kuintip masih ada 2 buku lagi dibalik bantalnya.."
Alya : " Enggak...nih satu kan yang keliatan...bacain ya ma"
Mama tidak sanggup menolak, melihat argumen dan wajahnya yang tersenyum.

Cerita III
Sejak 6 bulan terakhir Alya mulai mengkonsumsi fresh milk, sebelumnya minum susu formula dan tidak pernah ganti merek. Otomatis, mengubah kebiasannya dengan cara-cara yang menyenangkan tanpa paksaan adalah sungguh suatu usaha yang luar biasa sulit buat kami. Masih mudah apabila mengganti dengan rasa coklat atau strawbery , tapi tidak dengan freshmilk yang plain dan low fat. Begitu juga halnya dengan cereal untuk sarapan, Alya lebih suka Koko Crunch dibanding Corn Flake , dan tentu saja bukan hal yang menyenangkan hati buat sang mama. Sang mama lebih suka Alya minum freshmilk plain - low fat + Corn Flake buat sarapan. Sedangkan Alya lebih suka Freshmilk Strawberry + Koko Crunch.

Mama : Alya, besok pagi Alya kan maunya susu Strawberry, jadi sarapannya cereal putih ya...tp kalo kakak mau minum susu putih - cerealnya boleh yang coklat (baca : Koko Crunch)
Mbak : Tuh Alya, denger kan kata mama...Alya mau pilih yang mana
Tiba - tiba Alya deketin mama sambil memeluk mama sambil berkata ," nih ma..aku kasih tau ma...kalo susu putih- cerealnya juga putih, jadi sama-sama warnanya putih. Tapi kalo susu strawberry - cerealnya yang coklat aja - jadi sama-sama ada warnanya ...gitu ma. Nah karena besok aku minum susu strawberry - jadi cerealnya coklat kan ma??
Duh..mama dan si mbak cuma bisa senyum-senyum.

Cerita IV
Jam sudah menunjukkan pukul 9 malam, mama baru pulang dan membawa mainan untuk Alya. Alya tau kalo sudah dari tadi si mbak sudah sibuk menggiring ke tempat tidur , artinya sudah waktunya buat bobo. Setelah mengucapkan terimakasih ke mama, Alya bilang ," Wah ma...maenannya bagus sekali deh...makasih ya ma..kok aku jadi kepengen mainin ya ma....."
"Iya boleh..besok pagi aja ya..." kata mama
"Tapi lebih seru dimainin sekarang de ma...sebentar aja ma...5 menit" Kata Alya
Mama cuma bisa geleng geleng kepala sambil menyerah , " Iya , bener ya..cuma 5 menit ya kak". "Makasih mama, I luv u mama", kata Alya.

Cerita V
Suatu hari dirumah Alya sedang berebut mainan dengan Firly (sohib Alya), keduanya sama-sama keukeh mempertahankan egonya. Dan nampak sekali raut muka Firly sudah keruh sekali- sudah siap untuk meledak marah dan menangis. Tiba-tiba Alya memeluk Firly dan berkata dengan lemah lembut (menggantikan suaranya sebelumnya yang lantang berebut), " iya deh..sekarang Firly yang pegang dulu ya......abis itu nanti aku pinjam ya Fir.. kan Firly baek kan ama aku.." Spontan Firly mengangguk dan mereda marahanya. Dan 2 menit kemudian Alya berhasil mengakuisisi maenan tersebut dengan sukses.

Keliatannya Alya sudah mulai memahami bagaimana karakter mama dalam menetapkan aturan. Seandainya Alya menentang dengan cara frontal & menentang aturan mama secara langsung , menjerit atau marah langsung , merengek-rengek dan bahkan menangis, dia tau bahwa perjuangannya tidak akan membuahkan hasil yang menguntungkan buat Alya dan juga bisa jadi membuahkan hukuman/sangsi buat dia. Begitu juga sikap Alya terhadap teman-temannya.

Mama cukup takjub dengan anak jaman sekarang, bahwa untuk usia sedini ini tanpa saya tahu entah belajar dari mana Alya lebih memilih menggunakan sikap bernegosiasi dengan cara -cara yang lebih menyenangkan (pleasant)-merayu, menggunakan bahasa yang lembut, memulai dengan pelukan dan senyuman,tidak menggunakan kata tidak setuju secara langsung ; Assertif (tegas) dan Firm (teguh dalam pendirian). Sejak saya menyadari ini, saya lebih sering berdialog dan melakukan diskusi dua arah dengan Alya untuk hal apa saja , kadang mengenai agama , pengetahuan umum lainnya dan kadang juga tentang keseharian Alya , biasanya waktu Favourite kami adalah menjelang tidur. Mudah-mudahan point ini menjadi awal yang baik buat perkembangan Alya selanjutnya terutama dalam pembentukan akhlaq, sosialisasi dan emosi Alya. Dan mudah-mudahan kemampuan ini hanya digunakan Alya untuk hal - hal yang positif saja.

Betul sekali bahwa Negosiasi adalah salah satu cara yang cukup efektif untuk menjembatani adanya perbedaan antara dua kubu dengan cara damai dan menyenangkan. Sebetulnya dalam kehidupan sehari-hari seringkali kita memperoleh apa yang kita inginkan melalui negosiasi. Negosiasi terjadi karena orang lain/ kubu memiliki atau menguasai apa yang kita inginkan. Kita bernegosiasi dengan siapa saja, bisa dengan anak, suami, rekan kerja, teman, atasan , sopir angkot, mang tukang sayur, asisten dirumah, dan semua orang yang berhubungan dengan kita. Ah seandainya semua orang bisa menggunakan negosiasi untuk menyelesaikan semua persoalan.

6 comments:

yanti said...

huahahaa,.. .miss negotiation, atau nona sejuta alasan?
kebayang deh naila 9 bulan lagi, secara dr skrg dia udah ada bakat2 ngeles :P

rien said...

cerdasss alyaaaa...
hal terbaik ketika anak bisa begitu, berarti dia udah bisa melakukan pendekatan secara emosional dgn kita, dan keliatan empati dan percaya dirinya bagus...

salut deh ante Ya...:))

Luky said...

@Yanti : Siap-siap aja ya yan...bakatnya naila ud keliatan kok..he.he.he

@Rien : Muah-muah & Big Hug ..Thanks Ante Rien, mudah -mudahan ya Alya terus memiliki kombinasi rasa empati dan rasa percaya diri yang tinggi, sehingga tidak takkabur. Amin

Rien you know what..analisamu betul banget. Kamu adalah orang ketiga yang mengatakan bahwa Alya mempunyai rasa percaya diri yang tinggi setelah - Principal PG Rumah Kita (dlm summary raport semester I) dan Hasil Observasi TK Al Azhar tempo hari (tempat Alya nanti sekolah). Selama ini saya terlalu khawatir ttg "Rasa Percaya Diri" Alya.

aaz-nawfal-dikhi said...

pintarnya kak alya iiih. suka ya didongengin. klo nawfal, gak suka dongeng dari kecil bun, entah kenapa. marah dia. suara mamahnya bikin berisik kali ya.hehhehe

lita uditomo said...

waaaahhh....daku takjub banged deh sama Alya..smart banged..subhanallah ya, ma..

angin-berbisik said...

wahhh keponakannya sapa dulu dong...*ngaku tantenya alya*