Wednesday, January 31, 2007

Oalah...Alya..Alya






Hari sabtu bukan termasuk hari libur buat Alya, karena pada hari itu Alya harus masuk sekolah. Dulu aku memilih jadwal sekolah Alya : selasa - kamis - sabtu dengan tujuan pada hari sabtu aku libur dan bisa memonitor kegiatan Alya di kelasnya dan turut melihat perkembangannya disekolah. Awalnya para orang tua murid boleh masuk kedalam lingkungan sekolah bahkan dikelas, lama kelamaan dilarang sama sekali karena ternyata hal ini menghambat proses adaptasi anak-anak untuk berpisah dengan orang tua ataupun pengasuhnya. Nah akhirnya aku memutuskan untuk tidak sering-sering mengunjungi Alya di sekolah, secara Alya sudah naik antar jemput dari sekolah.

Setelah lama tidak pernah ku jemput lagi tiap hari sabtu, di beberapa kesempatan Alya pernah mengungkapkan keinginannya untuk dijemput olehku.
Dengan logat sunda alya pernah bilang begini " Ma, besok mama libul.. jemput aku atuh ma....mama kok gak pelnah jemput aku sih??" duh kasihan banget kamu nak, keliatannya dia membutuhkan perhatianku...
"Memangnya kenapa kak mesti dijemput mama?"
"Temen-temen aku dijemput mamanya....mas filza (firza), mas lama (rama), Asha ama kakak lana (Rana) juga dijemput ma..."

" Iya sayang...besok kalo mama libur, kakak dijemput mama ya sayang...."

" Asik....aku nanti dijemput mama" Itulah percakapanku dengan Alya beberapa waktu yang lalu

Begitu juga yang terjadi hari jumat malem kemaren , sebelum tidur terjadilah percakapan seperti ini.

"Ayo buruan tidur dong kak.....besok kakak sekolah gak?"
"Iya ma...aku besok sekolah, ma besok jemput aku atuh ma......!" waduh..kumat lagi nih Alya
Aku jawab sekenanya," Iya nanti ya sayang , besok mama gak bisa jemput soalnya papanya masuk kantor.....".


"Aah..besok mama jemput aku dong sama papa ya.....tlus kita jalan-jalan?" Duh.....Alya ..please deh.


Biar singkat aku jawab, "iya ..iya nanti kapan-kapan mama jemput ya kalo gak bisa ama papa , ya sama om Davit ya......"


"Asik..tlus kita jalan jalan ke Mall ya ma", Hmm...susah deh ngomong ama anak seumur ini..senengnya jalan-jalan kok ke mall..he..he..he..

Singkat cerita, keesokan paginya Alya berangkat sekolah dan dijemput school bus seperti biasa. Suami hari sabtu ini masuk kerja, begitu juga adikku - Davit harus ketemu nasabahnya, kebetulan pagi itu Hesti - pacar adikku lagi maen kerumah. Dan siang itu aku kepengen masak sayur lodeh + oseng cumi asin cabe ijo, sedangkan menu buat Alya - sayur sop + ikan kembung goreng. Setelah Alya berangkat, lengkap dengan pakaian kebesaran (daster) daku terjun kedapur dan langsung masak dibantuin ama calon adik ipar ama si asisten-Nah.

Lagi seru-serunya bau cumi asin, tiba-tiba telpon rumah bunyi dan yang angkat Hesti, kata Hesti dari bu guru Indah. Langsung jantungku berdegup lebih kencang dari biasanya, ada apakah gerangan? What's wrong with Alya? Jatuhkah? atau kenapa? Langsung secepat kilat aku rebut gagang telpon dan bertanya dengan nada tidak sabar,


"Bu Indah, ada apa ya Bu? Alya baik-baik saja kan??," bertanya campur panik


Mungkin karena mendengar nada suaraku yang agak panik, bu Indah jadi grogi juga , "O gak papa kok mama, cuma katanya Alya hari ini mau dijemput mama ya hari ini ?" "Lhoh.....ah masak sih? "(he..he...he..silly question)


"Iya mama, kata Alya hari ini Alya mau dijemput sama mama dan Omnya"


" O , gituh ya Bu Indah......"..he..he..aduh mama ini gak nyambung -nyambung dari tadi ya...ternyata oh ternyata si Ibu guru sebetulnya mau nanyain kok mama telat jemput Alya....


"Soalnya Alya sudah terlanjur ketinggalan school bus nya dan sekarang sedang maen disekolah"


"Oke deh bu Indah, sebentar lagi saya jemput. Maaf sudah merepotkan, saya miscommunication dengan Alya. Terimakasih ya Bu"

Ya abis gimana gak bingung, pagi itu defaultnya masak sampai siang trus baru nanti sore mau ngajak jalan -jalan Alya sama Tante Hesti. Lha ini ditodong jemput Alya, tidak ada yang nganterin mesti naek kendaraan umum, belum mandi, bau ikan asin. Hmm terpaksa deh langsung menghentikan kegiatan masak memasak, mandi bebek, dandan sambil lari -lari dan sampai di sekolah Alya pun minimal 30 menit dari terima telpon dari sekolah Alya.

Sambil terburu-buru aku dan Hesti sampai juga disekolah Alya, langsung masuk ke ruang guru dan terdengar suara teriakan anakku tercinta.


" mamaaaaaaaaa....hole.....mamaku udah datang..., kita jalan-jalan ya mah..."


"Aduh...maaf ya sayang...kakak lama ya nungguinnya...kakak capek ya....maaf mama gak tau kalo tadi malam yang dijanjikan mama ditanggepi serius ama kakak, mama pikir kakak udah lupa......" sambil gak enak hati ama ibu gurunya. Bener-bener gak enak hati sama bu Guru, ini mama cuek amat ya ama anaknya.



Jadi menurut cerita Bu Guru yang menjemput Alya td pagi, sejak naik mobil jemputan Alya langsung pamer dengan teman-teman dan Bu Gurunya kalau hari ini dia mau dijemput mama dan omnya dan kemuian jalan jalan. Dan diperkuat oleh keterangan si mbak Nah , bahwa sewaktu Alya naik mobil jemputan Alya sudah bilang bahwa Alya mau dijemput mama. Dan si mbak pun percaya seperti bu Guru juga kalo Alya akan dijemput mama. Bukannya dari tadi pagi sih mbak ngingetin Ibu ....dan ternyata si Mbak juga lupa.

Oalah.Alya..Alya mama mengerti sekarang nak.....jadi percakapan kita malam itu dianggap betulan olehnya, padahal aku hanya bermaksud membujuk supaya Alya tidur lebih cepat. Sewaktu Alya berangkat sekolah pun aku gak kepikiran untuk jemput, lha wong gak denger sendiri omongan Alya di mobil jemputan. Untuk menyenangkan hati Alya, siang itu kita sukses jalan -jalan ke Mall. Itulah kegiatan hari sabtu kemaren.

Keylearning : Ternyata anak-anak sangat menyimak dengan apa yang dikatakan oleh orang lain, jadi mulai kejadian kemaren aku harus bijaksana apabila menjanjikan Alya sesuatu.



Note : Alya sudah agak hampir sempurna melafalkan huruf (r), tapi belum r banget sih....

14 comments:

lita uditomo said...

iya, luk...anak2 itu memang sangat menyimak dgn apa yg dikatakan org lain..

jadi emang kudu ati2 bgt kalo ngucap 'janji' atau iming2 'reward'..pastiii ditagih deh..hehe..

Luky said...

@ Mbak Lita
Iya betul mbak, takutnya Alya malah mengecap mamanya suka tidak menepati janji aka dia malah menirunya.

nYam said...

nah lo...anak sekarang ingatannya tajam loh. baidewe, udah pinter lafal "R"? hebats...secara aku sampe umur segini masih cadel hix hix hix

oia, Pesat itu singkatan dari Program Edukasi Orangtua Sehat. join milis sehat ga? kalo join, pasti ngeh deh he he he...dibimbing ama Bunda Dr Wati. dulunya aku peserta, skarang ex-panitia ^_^

Luky said...

@Nyam; Ih sexy tau nyam agal cadel gitu..coba tanya ama mas mu..ya gak seh. Secara orang bule juga gak bisa bilang "R" gitu...

Wah milis yang bagus banget ya...Nah itu aku jarang ikut milis cuma ikut milis detik food itu pun di band ama policy company....ama "katro mode on" ya...". Hebat euy aktif di milis seperti itu. Insyaallah aku pengen aktif euy untuk kegiatan sosial seperti itu.

rani said...

oh iya, anak2 itu ingetannya kuat banget dan apalagi kalau kita janji sesuatu :)


aku aja yg tiap hari antar jemput Kirana sekolah masih sering lupa kok..
apalagi kalau suami pas ada di rumah. (nah lho!) iya, kita sama2 asyik dg aktivitasnya dan suami pikir aku yg jemput dan aku pikir suami yang jemput :D

shazma said...

hati hati atuh mah klo janji hehe, wah anak2 mah debt collector terbaik lahh, klo udh nagihh bisa gesweett..btw..pas dtg kesekolah bau cumi asinnya udh ilang kannnn??? ;-D

Luky said...

@Mbak Rani : O pernah ngalamin juga ya mbak...Trus reaksinya Kirana gimana MBak Ran?? Dia kan anaknya sangat kritis, daku jadi inget mengenai "Why-isme" nya Kirana, masih ya Mbak? " Why you always ask why Kirana??..hi..hi..hi...I miss Kirana so much.

@Bunda Shazma ; Weeits....bukan kecium lagi, malah bu Gurunya tau juga kalo daku lagi masak cumi asin tanpa dikasih tau...ha..ha...ha.... juga..ha..ha..ha...

Rien said...

Luk, keberhasilan dari homescholling adalah dasar-dasar emosi yg kadang kita abaikan, spt membujuk, dengan iming-2 janji, bukan caranya menolak,...katakan yg sejujurnya,...bekal anak ntar gede Luk...

keep up the good work, Mom!

Gege said...

aduh...
Alya emang top deh..

astri said...

beneran emang ky.. aku sih dulu pengalaman ama para ponakan.. mereka kalow udah dijanjiin bakalan diinget..

makanya kita gag bowleh janji-janji joni doank ke mereka, sowalnya mereka juga lebih sensitif kalow kita ngebatalin janjinya... :D

Luky said...

@Gege :
Iya Ge..pasti Zebby juga gitu ya darling...he.he.he.

@Mbak Astri :
Itulah mbak Astri...kebiasaanku shortcut masalah, yang paling cepet solve the problem ya janji janji joni..he.he..he. Akibatnya aku kena batunya deh. Tks for your advise ya mbak. Sun sayang buat bidadari cantik Deeja & Deema .

Anonymous said...

[url=http://firgonbares.net/][img]http://firgonbares.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]software downloads for free, [url=http://firgonbares.net/]cheap kids software[/url]
[url=http://firgonbares.net/][/url] very cheap software define oem software
trial adobe photoshop cs3 [url=http://firgonbares.net/]best web store software[/url] shop elements software
[url=http://firgonbares.net/]discount software for non[/url] buy cheap software online
[url=http://firgonbares.net/]FileMaker Pro[/url] www macromedia com software flashplayer7
transfer oem software [url=http://firgonbares.net/]software reseller program[/b]

Anonymous said...

[url=http://murudobaros.net/][img]http://murudobaros.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]adobe photoshop cs4 extended for mac serial number, [url=http://murudobaros.net/]macromedia flash player 8 software[/url]
[url=http://murudobaros.net/]discount microsoft office pro[/url] all educational software selling software that
CS3 Extended Retail Price [url=http://murudobaros.net/]acdsee for mac[/url] software to buy tickets
[url=http://murudobaros.net/]quarkxpress filemaker pro[/url] open source educational software
[url=http://murudobaros.net/]buy android software[/url] wholesale adobe photoshop cs2 for mac
free acdsee viewer version 5 [url=http://murudobaros.net/]retail store design software[/b]

Anonymous said...

[url=http://howtobuyclomidwithoutprescription.com] Buy Clomid online[/url]

http://howtobuyclomidwithoutprescription.com


purchase Clomid online