Tuesday, January 2, 2007

Alya Sakit

Jumat, 29 Desember 2006

Pagi itu sebelum subuh, sekitar jam 3 dini hari aku sempet kebangun dan reflek pegang dahi Alya-kok anget, trus aku periksa badannya kayaknya juga agak anget . Aku bangunin Aa Gugun trus dia bilang kayaknya sih enggak demam. Tapi perasaan ku tetep gak enak. Jadinya aku malah gak bisa tidur lagi, sibuk bolak balik pegangin dahi dan badan alya, memastikan sambil berharap bahwa alya gak anget badannya. Pas subuh, aku langsung sholat subuh trus berdoa mudah mudahan Alya jangan sakit. Sehabis sholat subuh, tumben Alya kebangun dan menyapa aku " Mama.....".
Aku : " Lho...kok tumben kakak udah bangun sayang? Kakak demam ya??
Alya : " Enggak kok mah...."
Aku : "Mama ukur pake termometer ya kak , Mama takut kakak demam".
Alya : " Iya deh mama..aku mau diukur pake termometer ..."
Aduh Alya kalo lagi gak enak badan emang gitu, jadi nurut banget gak protes kayak biasanya.

Eh bener, setelah aku ukur ternyata suhunya 38,5 derajat selsius. Aduh.....sedih deh..(hiks), aku emang paling paranoid kalo Alya sakit, suka senewen sendiri. Apalagi 4 bln yang lalu Alya sempet opname di RS gara gara Typus. Aku langsung kasih Alya- obat penurun panas.

Abis itu mikir deh....ke kantor gak?? ke kantor gak?? ...seperti biasa keputusan yang dilematis banget....gak kekantor - ijin dan cutiku tahun ini udah kebanyakan dan segen ama pak bos...(untung pak bosku baek dan pengertian....). Kalo mau ngantor , gak tega banget mau ninggalin alya. Sementara hari ini Aa Gugun juga harus masuk pagi. Akhirnya kuputuskan untuk ngantor dengan pertimbangan, karena hari ini kebetulan Davit (adikku yang masih lajang tinggal ditempatku dan kerja di Bank Mega di Jakarta) libur, kebetulan bank - bank libur karena tutup buku akhir taun, jadi kalo emergency ada yang standby di rumah. Lagian DSA nya Alya baru ntar sore prakteknya. Toh kalo urgent pun aku bisa pulang cepet. Akhirnya setelah briefing si Nah supaya sering ngecek suhu nya Alya, siapin sarapan, sering ngasih minum air putih, trus kalo masih demam dikasih tempra , plus Alya harus tiduran ditempat tidur sambil dibacain cerita. Soalnya si kucil satu itu emang paling susah disuruh diem, pun dalam keadaan sakit......he..he.he.....

Akhirnya aku berangkat kekantor agak siang, jam 7.30 baru berangkat. Untung kantor sekarang lebih deket di Tb Simatupang, jadi sampe kantor agak cepet, jam 8.30 udah sampe. Baru aja duduk , buka komputer dan mau nelpon kerumah, tiba tiba ponselku bunyi.......Deg...wah dari rumah ...Ada apa nih?? langsung perasaanku gak enak banget. Si nah telpon ,ngasih tau kalo Alya baru aja muntah, padahal si Nah baru aja mau ngasih sarapan, muntahnya susu dan Alya mengeluh kalo perutnya agak sakit. Wah udah deh...spaning....udah pengen lari pulang aja. Duh Alya...kasian banget kamu nak. Akhirnya tiap jam aku cek kondisi Alya via phone dan bikin appointment dengan DSA nya. Untungnya sampe siang gak muntah lagi, cuma masih mengeluh perutnya sakit dan kata si Nah masih demam. Siangnya aku telp Alya dan kutanya " kakak, perut kakak sakit ya sayang?? ". " Iya Ma, tadi aku muntah banyak banget deh....trus aku sekarang laper..." Aduh aku agak lega denger suara Alya yang masih ceria. Oya aku juga minta Aa Gugun pulang cepet, karena demamnya Alya sempet 40,8 derajat selsius, untung kantornya di Hypermart Sentul, jadi cuma 15 menit udah sampe rumah.

Oya kali ini aku ganti DSA, yang sekarang adalah DSA yang merawat Alya waktu sakit Typus kemaren. Dokternya masih muda dan keliatan kalo dia lebih teliti dan lebih update pengetauannya. Emang harus gitu bukan kalo dokter mah..he..he.he..

Jam 5 teng langsung cabut pulang, naek jemputan sampe rumah jam 6.15 dan hujan gede. Bogor beberapa hari ini emang hujan terus terusan, biasanya ampe taun baru. Langsung aku tengok Alya, wah tuh anak gak keliatan sakit. Kata Davit, sesiangan Alya nyanyi nyanyi , minta dibacain buku komik barbienya (Fairy Topia) yang baru dibeli minggu kemareni dan maen boneka barbie ditempat tidur. Aku pegang dahinya, panasnya masih tinggi sampe 40,5 derajat selsius. Aku agak khawatir Alya kena Typus or DB, soalnya dia gak batuk atau pilek dan demamnya tinggi banget, trus minta dipijitin karena kata Alya kakinya pegel pegel.

Alhamdulillah malem itu dapet antrean no. 2, jadi cepet . Setelah periksa, dokternya bilang dari gejalanya Alya kena Virus, tapi mudah mudahan bukan virus DB. Kalo virus biasanya demam tinggi, badannya pegal pegal trus bibirnya keliatan merah banget. Dokternya meresepkan Puyer Penurun Panas yang dikasihkan 4 jam setelah minum tempra, antibiotik dan anti mual. Kalau sampe hari minggu masih demam, kita dikasih rekomendasi untuk tes darah. Nah hasilnya di sms ke DSA nya, soalnya hari senin kan Tahun Baru, dokternya pasti libur . Alhamdulillah DSA yang ini baik banget , mau digangguin meskipun hari libur, jadi gak terlalu bikin panik.

Sampe rumah sudah jam 21.00 dan aku ukur suhunya Alya masih 39.5 , aku kasih tempra. Alya mengeluh pegel pegel dan dipijitin bapaknya. Trus aku peluk peluk deh...kasian kamu Nak. Setelah dikasih tempra, sempet turun trus demam lagi. Jam 2 malem aku kasih puyer panas dan antibiotik.


Sabtu , 30 Desember 2006

Alhamdulillah sampe pagi suhu Alya agak dingin. Siang itu sempet panas tapi gak tinggi banget , sekitar 39 an, perutnya ;masih agak sakit dan anaknya udah ceria banget. Aku kasih tempra diikutin puyer panas, sambil terus minum antibiotiknya. Hari itu Maemnya udah mulai banyak, dibuatin nasi tim malah gak mau maem. Akhirnya dibuatin sayur bayem + ayam goreng dimaem pake nasi biasa, eh malah abis banyak. Aku stop takut malah muntah. Siangnya Om-nya beliin Alya Komik barbie lagi (The Princess and The Pauper) + Terompet (maklum lagi menjelang taun baru = musim terompet) , Alya seneng banget.

Siang ini Aa Gugun masuk agak sore, jadi siangnya dia lagi anterin mas Heru (suaminya Desi, Desi ini salah satu sohibku sejak tingkat satu di IPB). Desi dan mas Heru ini bekerja di Dephutbun Medan dan dipindah ke Jakarta. Kebetulan mereka punya rencana untuk cari rumah di Bogor. Yo uwislah , dengan senang hati kita anterin mas Heru keliling keliling Bogor buat cari cari rumah.

Sampai sore Alya udah gak demam tinggi, kadang kadang aja agak anget. Rencananya besok kalo Alya udah gak demam mau, Sholat Ied sambil bawa Alya, apalagi mesjidnya cuma 50 meter dari rumah. Trus malemnya boboknya udah mulai nyenyak, tapi aku masih sering kebangun buat periksa kondisi Alya.


HARI RAYA IDUL KURBAN
Minggu, 31 Desember 2006

Jam 5 pagi kita udah pada bangun dan mau siap siap sholat Ied, tapi ternyata ....waduh....ujannya deres banget. Ya udah terpaksa aku ngalah, jaga rumah dan mengurungkan niat sholat Ied karena harus temenin Alya, gak mungkin ujan gini Alya dibawa ke Masjid.

Karena aku sibuk ngurus Alya, aku gak kepikiran Lebaran Haji ini mau masak apa....pokoknya cuek deh...seadanya di kulkas dimasak. Jadi yang ada dikulkas saat itu adalah Ayam ungkep, Ikan mas . Jadi menu kita hari lebaran haji Ayam goreng, Ikan mas goreng, sambal trasi + lalap labu siam dan buncis. Alya disayurin bening bayem + wortel. He..he.h.e..h. Alhamdulillah meskipun udah gak minum obat penurun panas, Alya udah gak demam .

Siangnya aku ditelp Mbak Titi (mamanya Ai), dia nawarin Ikan ud dibumbuin tinggal dibakar.....woah seneng banget dong......"Iya iya mau mbak...titi...nanti aku bakar sendiri juga gak papa" ..he..h.e...h.e...Baek banget deh tetangga yang satu ini. Trus ditawarin lagi..." mbak Luky.... nanti kalo udah dianterin daging kurban kalo gak sempet masak bawa aja kerumah tak masakin kare kambing......." Gimana gak enak hayo.....he....he.he..." Siap deh Mbak Titi".

Jadi siang itu aku bakar ikan dari Mbak Titi, trus nyuruh Nah anterin daging kambing ke rumah Mbak Titi. Gak berapa lama kemudian Kari kambingnya sudah jadi dan dianterin kerumah.......Uenak tenan.....gimana gak enak lha wong dagingnya dikasih gratis.....trus dimasakin lagi....tinggal makan, mana masakannya enak banget lagi....Thanks Mbak Titi.

Karena badannya udah kerasa seger Alya sibuk ngajak jalan jalan, katanya mau beli trompet lagi. Ya udah deh, karena gak tega kita ajak Alya maen ke Botani Square. Padahal agak takut juga ngajak Alya pergi, takutnya belum sembuh betul. Kita pergi dari jam 5 sore sampe jam 7 dengan perjanjian selama di Mall Alya harus lebih banyak digendong, trus dia nurut lagi..he.h.eh..e.... Alya seneng banget, dia maen di Fun City. Trus kita makan di Chidori - Japanes Food (Iklannya sih tanpa pake MSG), rasanya B aja tapi kalo beli Juice - Free Flow......Lumayan lah. Pulangnya kita beli donat J.Co

Alhamdulillah sampe rumah Alya udah gak demam, begitu juga malemnya udah keringetan malah. Gak lama kemudian Alya udah ngantuk dan bobok deh.......

Jam 11 malem, aku liat Alya boboknya pules banget trus agak kringetan. Aku udah mulai tenang, trus Aa Gugun deh ngajakin jalan jalan keluar apalagi sejak sore cuacanya agak cerah, bulannya mulai ngintip dikit dikit. Setelah nitipin Alya , aku cabut ama suami tersayang jalan jalan naek motor bo....Tujuannya yang jelas, kearah puncak dengan perjanjian kalo mulai macet, kita balik.

Mulai dari Kedunghalang - Warung Jambu - Sepanjang Pajajaran sampe Tugu Kujang penuh banget kendaraan, berisik banget...Nah sampe tugu kujang ternyata pas jam 12, seperti biasa kembang api ditembak tembakin keatas, jalanan macet banget, klakson kendaraan dibunyiin....udah deh...kacau banget. Dan seperti biasa, daku kan paranoid ama Mercon dan temen temennya, jadi sepanjang jalan aku merasa seperti di daerah peperangan....ha...ha...ha...Sampe didepan Bale Binarum juga gitu , udah kayak perang deh...lempar lemparan kembang Api, terus sampe ciawi. Setelah Ciawi sampe Gadog lengang, tapi begitu Gadog agak keatas udah macet banget sampe berhenti total. Aku paksa Aa Gugun menepati janjinya mutar balik pulang. Ternyata feeling aku bener, begitu udah mau sampe rumah ujan turun , langsung aja kerumana orang pada bubar keujanan......ha..ha.ha.

Sampe dirumah udah jam 2 pagi, ternyata Alya masih pules banget. Dan kita berdua nyusul bobok deh ama Alya.


SELAMAT TAHUN BARU 2007
Senin, 1 January 2007


Hari ini setelah sholat subuh, seluruh penghuni rumah kembali keperaduannya masing masing dan molor sampe jam 9 Siang. Kecuali si Nah yang sudah sibuk dengan pekerjaan rumahnya dari pagi...he...he..he.

Aku liat kondisi Alya semakin cerah ceria dan seperti biasa karena liat bapak dan maknya lagi ada dirumah, langsung sibuk deh ngajak jalan jalan. Cuacanya sih cukup cerah, tapi aku takut kalo kecapekan malah demam lagi. Akhirnya aku bujuk dia untuk i untuk jemput Ai maen komputer dirumah Alya. Kebetulan Alya dan temen temenya lagi suka banget maen Edu Games. Dan hari ini tim empat sekawan lagi gak lengkap, mbak Bela dan Firly lagi Nginep dirumah neneknya. Untungnya Alya mau.

Aku minta anter Aa Gugun keluar beli susu ke Hero Pajajaran, karena mau bikin brownis kukus. Pulangnya sampe depan wong solo ada kecelakaan motor. Serem banget, korban kecelakaannya dalam posisi tertelungkup dan mulutnya ngocor keluar darahnya...Ya allah serem banget, aku gak tega liatnya. Makanya kita harus hati hati apalagi mengendarai sepeda motor .

Sampe rumah Aa Gugunterburu buru ganti baju karena mau ngantor, ya maklumlah kalo kerja di retail mah hari senin juga harus masuk kantor deh. Tapi hari ini "Closing" jadi jam kantornya hari ini jam 2 sampe jam 12 malem......

Aku bikin brownise kukus dibantuin Hesti (calonnya si Davit), terus nyuapin Alya dan nemenin Alya bobok siang. Alya bangunnya kemaleman, jam 6 baru bangun, itupun pake dibangunin.

Jam 8 lagi nonton TV, Breaking Newsnya tentang Adam Air yang hilang kontak di daerah Sulawesi Selatan. Ya allah ada ada aja ya musibah di negara kita ini. Mudah mudahan banyak penumpang yang selamat ya. Amin

Tahun baru ini dibuka dengan bencana kecelakaan pesawat terbang, mungkin Allah sedang mengingatkan kita supaya kita lebih mawas diri, lebih tekun beribadah dan berbuat baik. Amin











2 comments:

nYam said...

eh sampe dikasih AB? emang diagnosa-nya apa?

moga-moga ga gampang sakit lagi ya

Luky said...

Entahlah nYam, Diagnosa sementara si Virus. Langsung deh dihantam Antibiotik. Cuma teteup gak ketauan karena gak sempet cek darah keburu udah gak panas. Tks doanya.