Friday, November 6, 2009

Raport Alya Kelas I SD Semester I




Dulu sewaktu alya masih di TK, meskipun bobot PR Alya saat di TK hampir sama dg pelajaran yg saya terima saat kelas VI SD, saya tidak terlalu push alya untuk bisa mengerjakan soal soal tersebut dg 100 persen benar, even anaknya sendiri rupanya cukup memahami apa yg diajarkan ibu gurunya dikelas. Tapi saat itu saya lebih suka menanamkan untuk selalu mengerjakan Pe eR nya tanpa bantuan orang lain dan melatih Alya untuk bertanggungjawab terhadap pe ernya, tanpa diingatkan harus sudah dikerjakan.





Sejak masuk SD ini, saya sudah kebat kebit. Getir melihat materi buku pelajaran Alya. Duh gusti.....susah bangeeeet. Math nya aduhhhh, nanti kapan kapan saya scan deh buku pelajaran Alya. Supaya bisa menilai sendiri, beban anak SD sekarang tuh beraaat banget. Belum lagi hafalan surat Al quran yang harus disertai artinya. Makkkkk.
Kadang saya tanya sama Alya untuk mengetes apakah Alya mampu mengikuti pelajaran di Al Azhar atau tidak, "Kakak...kakak masih seneng gak belajar disekolah? Kakak ngerti gak kalo bu guru jelasin pelajaran ke kakak?". Saya masih bisa bernapas lega krn jawaban alya ....masih " Masih seneng".


Jadi praktis kelas I semester I ini saya kerjaannya hanya memotivasi alya saja. Gak berani expect too much hasilnya seperti apa, saya gak ingin ngepush alya terlalu berat apalagi saya amat jarang menemani alya belajar. Kebayang kan..saat alya belajar or bikin Pe eR bapak dan ibunya jelas sedang tidak ada disebelahnya. Sedangkan mbak nah si pengasuh, pernah saya mintain tolong untuk bantu alya or nemenin alya mengerjakan pe er, yang ada mbak nah ngeluh kepalanya pusing. Padahal si mbak nah ini lulusan SMP. Jadi treatment saya untuk melatih tanggungjawab saat Alya TK ada manfaatnya sekarang. Alya sudah lebih bertanggungjawab, pe ernya mostly dikerjakan meskipun saya tidak cek ataupun ingatkan. Bahkan saya kadang takjub sewaktu tempo hari membuka buka buku pe er alya...mostly mendapat nilai 97 dan 100. At least buat saya artinya adalah Alya sudah punya basic untuk selalu berusaha mengerjakan sesuatu sebaik baiknya.


Ah ya...alya juga tidak saya ikutkan les kumon dan temen temennya. Alya hanya ikut extrakurikuler bahasa inggris dan menari disekolah. Sekali lagi ..saya tidak ingin memberi pressure yg berlebihan terhadap Alya dengan mencekoki les ini dan itu. Saya ingin alya enjoy dg masa masa sekolahnya secara natural.


Apalagi minggu lalu ujian semester sudah mulai, saya minta tolong piyu untuk menemani Alya belajar. Meskipun lebih cenderung PIyu yang belajar dari Alya, tapi at least Alya punya motivasi sendiri untuk belajar dan belajar sebelum menghadapi ujian.


Setiap pagi sebelum berangkat sekolah, satu satunya waktu saya bisa bertemu Alya - saya hanya mampu mencium kening alya dan membisikkan mantra-mantra " Alya...please do the best yah..yang teliti kl menjawab soal, usahakan mendapat nilai terbaik ya al, aku tahu Alya pasti bisa. Jangan lupa berdoa". Setiap hari hanya mantra itu yg selalu saya ulang ulang untuk memotivasi Alya.

Hasilnya adalah sudah keluar hari ini, dari hasil laporan by telp hasilnya adalah seperti berikut :

1. Bahasa INdonesia - 100
2. Agama Islam - 100
3. Al Quran - 93
4. Math - 97
5. PKN - 97
6. IPS - 83
7. Bahasa Inggris - 94
8. IPA - Science - 100
9. Bahasa Sunda - 95

Alhamdulillah...meskipun mamiyoo gak pernah coaching kamu dalam belajar but you have proven that you do the best. I am really proud of you my little star. Ah ya....saya baru realize bahwa ternyata Alya ini tipe yg dg mudah mencerna penjelasan dari guru. Jadi dirumah alya terlihat banyak bermain dibanding belajar. Tetapi yaitu...nilainya sih cukup memuaskan buat saya. Dan satu lagi, ternyata dugaan saya dulu benar, kemampuan narasinya Alya sangat oke. Dia suka bercerita dengan runut dan menarik..

Jadi besok hari sabtu mamiyoo punya hutang untuk mengajak Alya berenang karena mami berjanji seandainya nilai Mathnya diatas 90, kita berenang di komplek perumahan kami. Ups satu lagi, besok balapan makan yogurt di Jco yg uenak bangett itu ya Al.

Keep fighting ya Al. We love u full

Mamiyooo

1 comment:

ke2nai said...

alhamdulillah... selamat ya alya :)